Breaking News

Jelang Imlek Dan Lebaran 2024, Disperindag Jember Menggelar Pasar Murah

RECORD JATIM.COM

JEMBER- Tradisi menjelang Perayaan Hari Imlek 2024 maupun Lebaran harga sejumlah kebutuhan Pokok ,seperti telur ,beras ,Minyak goreng akan terjadi kenaikan . Untuk antisipasi kondisi tersebut agar daya beli masyarkat tetap stabil Dinas perdagangan dan perindustrian Jember  Dikonfirmasi Diskominfo Jember pada Selasa (6/2/2024) pagi Yuliana Harimurti membenarkan kabar tersebut.

Namun, kenaikan harga beras tak hanya terjadi di Kabupaten Jember. "Per kemarin (Senin, Red), seluruh harga beras premium di Jawa Timur naik," paparnya saat dikonfirmasi melalui telepon. 

Sementara untuk harga beras medium, lanjutnya, memang ada sedikit kenaikan. Namun, jika dibandingkan dengan daerah lain, sesungguhnya harga beras di Jember terendah ketiga se-Jatim.

Selain itu, dia mengabarkan bahwa kenaikan harga juga terjadi pada bapokting lain. "Bukan menjelang pemilu ya, ini menjelang Imlek dan Ramadan," lanjutnya.

Per kemarin, daging ayam juga naik. Begitu juga dengan harga telur, daging sapi, gula pasir, cabe merah, tomat, dan harga wortel. "Cabe merah ini seluruh Jatim juga naik," tegasnya. Dia menyebutkan bahwa salah satu faktornya adalah lantaran bukan masa tanam.

Menurut dia, kemunduran masa tanam juga terjadi pada tanaman padi, disebabkan karena terjadinya El-Nino. "Seharusnya, mulai Oktober mulai tanam. Tapi mereka harus mundur," terangnya.

Beruntung, Pemkab Jember melalui Disperindag Jember bekerja sama dengan sejumlah stakeholder untuk mengantisipasi hal tersebut. Namun, untuk ketersediaan stok beras, pihaknya sudah berkoordinasi dengan bulog. "Stok mencukupi," ulasnya.

Namun, pihaknya tetap harus melakukan antisipasi. "Mulai 24 Februari mendatang, kami akan menggelar operasi pasar dan pasar murah," ungkapnya. Rencananya, kegiatan tersebut bakal berlangsung di 20 titik.( LN)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM