Breaking News

Bupati Hendy Siswanto Menyampaikan Jember menempati Inflasi peringkat 6 terbaik Se indonesia. Ini Hasil dari "SI RAMBO "

RECORD JATIM.COM

JEMBER –Mengawali tahun 2024  Pemerintah Kabupaten Jember  tetap menggelar Sinergi dan Kolaborasi Mingguan setiap Rabo (Si Rambo) pada Rabu (10/1/2024) pagi. Kali ini Rapat Si Rambo ditempatkan di Gedung Nusantara ( dulunya BHS )  .


Bupati Jember H.Hendy Siswanto memimpin langsung pertemuan rapat SI RAMBO yang sudah berjalan memasuki tahun ketiga. Hadir  jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Plus.


Membuka rapat  Si Rambo , Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., ASEAN Eng., menuturkan bahwa kondisi inflasi Jember cukup tinggi. “Peringkat tiga terjelek di Indonesia di tahun 2022.

Alhamdulillah, pada tahun  2023  inflasi di Jember menjadi yang terbaik keenam di seluruh Indonesia. “prestasi ini  merupakan wujud nyata konsistensi kita semua dari pertemuan Si Rambo ini semua pihak mulai Forkopimda  plus , OPD  berkolaborasi dari seluruh pihak untuk menyelesaikan persoalan inflasi di Kabupaten Jember,” kata Bupati Hendy Siswanto.


Kemudian untuk tahun  2024, pihaknya memiliki ekspektasi lebih. “ yakni Perekonomian di Jember meningkat, oleh karena itu permintaan (barang dan jasa, Red) akan tinggi,” untuk itu  bupati mengajak jajarannya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Februari mendatang, menjelang Ramadhan kita perlu melakukan persiapan  Sepertinya biasanya, Pemkab Jember melalui disperindag dan stakeholder  akan  menggelar pasar murah di sejumlah titik.


Selain itu bupati menjelaskan  kami  juga akan membuat Great Sale! Apapun komoditas yang bisa dijual murah di seluruh instansi,. Yakni, dengan harga yang bisa terjangkau untuk masyarakat. Tujuannya, untuk menciptakan stabilisasi harga tukasnya .


Sementara Kepala BPS Jember, Tri Erwandi menyampaikan  pada tahun 2023 inflasi kabupaten jember nomor 6 terendah se Indonesia dari 90 kota yang diamati oleh bps.

Untuk diketahui  pada posisi akhir tahun 2022 inflasi Kabupaten Jember nomor 3 tertinggi se Indonesia, dengan angka di atas 7 persen. Selsnjutnya  di akhir Tahun 2023 data inflasi year on year (YoY) sebesar 2,29 persen. Angka itu masih di bawah inflasi Jawa Timur pada periode yang sama yakni 2,92 persen.


Lebih lanjut Tri Erwandi memaparkan , inflasi bukanlah satu-satunya indikator pertumbuhan ekonomi  biasanya dirilis setiap bulan April oleh BPS.  Sedangkan Target pertumbuhan ekonomi di tahun 2024 ini  kita optimistis 4,43 persen tercapai .  Denga  syarat  Kabupaten Jember harus mempertahankan inflasi.(LN)



© Copyright 2022 - RECORD JATIM