Breaking News

Yanuarta Ainun Nadhar Calon Bintang Sepak Bola Dari Desa Kamal Kec Arjasa .

RECORD JATIM.COM

JEMBER-Sepak bola merupakan cabang olahraga yang sangat populer di dunia, dan digemari oleh masyarakat Indonesia, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua baik laki laki maupun perempuan. Bahkan di pelosok desa di kawasan Jember banyak bertaburan SSB.


Berbicara sebuah Prestasi tidak hanya adanya sebuah klub saja,

tetapi harus didukung oleh bakat, proses yang baik dan benar, sarana dan  prasarana yang menunjang, pelatih yang berkompeten, pengorganisasian yang bagus, yang tak kalah penting peran orang tua,

pendanaan, motivasi, dan lain-lain. Beberapa faktor tersebut sangatlah penting dalam menunjang prestasi seseorang 


Salah satu faktor penting dalam menunjang seorang pemain berprestasi adalah peran

orang tua, karena orang tua mempunyai peran yang besar bagi masa depan anaknya. 

Lingkungan keluarga merupakan media pertama dan utama yang secara langsung atau tidak

langsung berpengaruh terhadap perilaku dalam perkembangan anak atau pemain yang bersangkutan


Disatu sisi tujuan

pendidikan secara universal dapat dikatakan agar anak manusia tersebut menjadi mandiri,

dalam arti bukan saja dapat mencari nafkahnya sendiri, namun juga mengembangkan semua

kemampuan fisik, mental, sosial, dan emosional yang dimilikinya, sehingga dapat

mengembangkan sesuatu kehidupan yang sehat dan produktif, dengan memiliki kepedulian terhadap orang lain


 Untuk itu, orang tua memegang peranan yang sangatp Penting dalam membimbing dan mendampingi dalam kehidupan keseharian anak. Sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga

dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan, dan rasa percaya diri, dan tidak lupa memahami tahap perkembangan serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari si Anak.


Seperti perjalanan salah satu calon Bintang Sepak Bola Masa Depan  asal Desa Kamal kecamatan Arjasa Kabupaten Jember sebut saja " Yanuarta Ainun Nadhar "yang akrab dipanggil Yanoe saat ini baru berusia 10 tahun . 


Yanoe merupakan Putra bungsu dilahirkan dari kalangan keluarga yang punya hoby olah raga .Sang Ayah kusnadi  merupakan pemain sepak bola dan tennis, begitu juga mamanya Nova Lisa  S Elisa juga hoby main tennis  lapangan.


Sedangkan 2 kakak Yanoe yang sulung Khofifah Indar P (20 th) dan Chalisa(16th) keduanya  mengikuti jejak sang ayah dan mamanya  main tennis di club Harteg Jember. 


Sederet prestasi diukir oleh  Kakak sulungnya Khofifah Indar P yang akrab dipanggil Ovi ,pernah menjuarai: 1.PORPROV Jatim 2015 di Banyuwangi juara 3 ganda Putri

2.PORPROV Jatim 2019 di Tuban  Juara 1 Ganda Putri

3.PORPROV Jatim 2021 di Jember Juara 2 Tunggal putri 

4.PORPROV Jatim 2023 di Mojokerto juara 2 ganda putri.


Sedangkan Chalisa pernah juara pertama ganda putri  Popda Jatim di Lumajang tahun  2017 .


Perjalanan Yanoe sempat betlatih tennis lapangan di club Harteg Jember sejak kelas 1 SD  hingga kelas 2 SD. rupanya perjalanan Yanoe menekuni olah raga tennis tak seindah dengan kedua kakak kandungnya. Padahal dukungan kedua orang tuanya begitu setia mengantar dan mendampingi Yanoe untuk berlatih di club Tennis Harteg  di kawasan GOR PKPSO Kaliwates Jember ,harus menempuh jarak 12 km dari rumahnya yang ada di desa Kamal. 


Keinginan kedua orang Tua Yanoe untuk menjadi Atlit tennis mengikuti jejak kedua kakaknya rupanya harus terhenti di tengah jalan.

Penyebabnya lingkungan bermain Yanoe di Desa Kamal anak seusianya lagi suka bermain sepak bola , kebetulan di sebelah utara rumah Yanoe ada lapangan sepak bola milik PTPN


Faktor lingkungan  menjadi penyebab Yanoe meminta kepada kedua orang tuanya untuk berhenti latihan tennis ,sibungsu ini akhirnya oleh kedua orang tuanya disekolahkan di Akademi sekolah sepak bola "Deni Soccer" di Kawasan wirolegi sejak kelas 3 SD.


Langkah Yanoe untuk berlatih sepak bola di Akademi Deni Soccer  meskipun harus menempuh jarak 13  km seminggu 3 kali berlatih, kelihatannya mereka telah menemukan jati dirinya olah raga yang diminati yakni Sepak boa. Darah keturunan Kusnadi Ayah kandungnya yang pernah main sepak bola saat SMP dan SMA rupanya mengalir ke putra bungsunya.


Dua tahun berlatih di Akademi Deni Soccer bakat dimiliki Yanoe mulai terlihat . Sebagai pemain  oleh Head coach Deni Arianto diplot sebagai Striker . Bakat pemain yang satu ini sudah terlihat aksi gocekan dan tendangan kaki kanan kiri nya saat bertanding maupun persahabatan antar SSB di Jember ,Yanoe memiliki kelebihan dari pemain sebayanya . 


Baru baru ini pada kejuaraan Liga Mandiri U 12 di Malang ,oleh pelatih Deni Arianto ,Yanoe diturunkan sebagai starter line up utama kendati baru berumur 10 tahun. Tetapi calon bintang sepak bola asal desa kamal ini tak terlihat grogi menghadapi lawannya yang usia 12 tahun.

Alhasil club Akademi Deni Soccer dinobatkan sebagai Juaranya untuk kejuaraan Liga Mandiri U 12 yang di ikuti sejumlah SSB baik dari kota Malang ,Surabaya ,Sidoarjo  maupun  Blitar .

Prestasi lainnya Akademi Deni Soccer menjuarai piala soeratin U13 , Yanoe juga ikut bermain meskipun tidak full time.


Selain merebut juara pertama bagi Akademi Deni Soccer Jember, semakin lengkap setelah Yanoe dinobatkan jadi pemain terbaik pada Liga Mandiri U 12 di Malang bulan Nopember 2023 lalu .


Perjalanan sang calon bintang pesepak bola asal desa Kamal masih panjang .jadwal latihan yang padat seminggu 3 kali berlatih mulai pukul 15.00 Wib ,kedua orang tua Yanoe akhirnya mengambil keputusan bijak,  untuk memindahkan Yanoe dari sekolah SD Baratan 1 ke Sekolah SD  Kamal 1 dekat rumahnya .Pihak sekolahpun menerima kehadiran Yanoe .baik itu menyangkut perizinan saat tanding keluar kota , pihak sekolah sangat mendukung kata Kusnadi yang keseharian sebaga ASN di Dinas Pendapatan Kota Pasuruan.


Kusnadi menambahkan selain berlatih di Akademi Deni soccer bila tidak ada jadwal latihan ,Yanoe berlatih fisik mandiri dengan diawasi mama tercintanya. Begitu juga waktu jadwal latihan di Akademi Deni Soccer ,Yanoe selalu diantar oleh mamanya.


Kusnadi tegaskan sebuah prestasi bisa dicapai bila anak sudah menemukan jati dirinya ,semangat berlatih dan bimbingan serta pendampingan kedua orang tua  saat berlatih akan menjadi penyemangat dalam setiap sesi latihan baik itu bidang olah raga maupun pendidikan . 


SELAMAT BERLATIH SEMOGA CALON BINTANG PESEPAK BOLA dari Desa Kamal kecamatan Arjasa telah mendapat predikat  sebagai  pemain terbaik di  Liga Mandiri U 12 ,diwaktu mendatang menjadi   Bintang Sepak Bola Jember.( LN)






© Copyright 2022 - RECORD JATIM