Breaking News

Untuk Cegah Banjir Bupati Hendy Lakukan Reboisasi di Perkebunan Kalijompo

RECORD JATIM.COM

JEMBER- Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., ASEAN., Eng., dan Ketua TP PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarini melakukan penanaman pohon di Perkebunan Kalijompo, Sukorambi, pada Sabtu (16/12/2023) pagi. Hadir mendampingi bupati, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, Sekda Kab. Jember Hadi Sasmito, sejumlah kepala OPD, dan jajaran Muspika Sukorambi.


"Yang datang di Kalijompo hari ini sudah memberikan sodakoh jariyah, anda luar biasa karena kegiatan kebencanaan, mitigasi, dan reboisasi adalah kegiatan sosial yang menjaga keseimbangan alam. Allah SWT sudah memerintahkan kita untuk menjaga dan tak boleh merusak alam," papar bupati memberikan sambutan.


Bupati berharap, jangan sampai kegiatan seperti ini sebatas seremonial saja. "Kalau diadakan setiap Minggu lebih asik, apalagi ada wisata tangguh bencana di sini. Nah, ini harus dijaga oleh kita semua," lanjutnya.


Pemerintah menjadi pemicu awal program ini, lalu keberadaan masyarakat, relawan kebencanaan, dan mahasiswa menjadi penting. "Hari ini kita melakukan penanaman untuk mencegah banjir. Menanam saja, tumbuhnya pasti lama. Oleh karena itu, menjadi penting apa yang kita lakukan mulai hari ini," ulasnya.


Bupati berharap, seluruh pihak yang hadir tidak mengambil pengalaman yang terjadi pagi ini hanya untuk diri sendiri. "Mari menyosialisasikan kepada siapapun. Mari merapatkan barisan untuk menjaga lingkungan," katanya.


Lebih lanjut, bupati juga mengimbau seluruh pihak untuk rajin membersihkan sungai. Belum lagi, hujan yang kerap terjadi pada akhir tahun dapat mengakibatkan banjir di sejumlah titik. "Mari kita tanggulangi sedini mungkin," pungkapnya.( LN,Kominfo)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM