Breaking News

TP PKK Jember Menggelar Pelatihan Konselor Pendamping Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak.

RECORD JATIM.COM.

JEMBER -Perempuan dan anak merupakan pihak yang sangat rentan terhadap tindak kekerasan. Kekerasan adalah setiap perbuatan yang berakibat atau dapat mengakibatkan kesengsaraan atau penderitaan baik fisik, seksual, ekonomi, sosial dan psikis terhadap korban. Pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak memerlukan penanganan yang tepat dan melibatkan berbagai lembaga dan juga partisipasi masyarakat. 


Untuk meminimalisir pencegahan  tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak  Tim penggerak PKK Kabupaten Jember berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat  (DP3AKB Kabupaten Jember  menyelenggarakan pelatihan Konselor pendamping kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak pada hari senin( 11/12/2023)di  Salah satu hotel di kawasan Jl Karimata Jember.


Ikut  hadir Poerwahyudi Plt Kepala DP3AKB Jember, mendampingi wakil ketua PKK Kabupaten Jember Ervita Afdilah Sari yang secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Konselor pendamping kasus kekerasan  pada perempuan dan anak.


Kegiatan yang di ikuti oleh ketua PKK 31 Kecamatan , 22 Kelurahan dan 248 desa tersebut dalam sambutannya wakil ketua PKK Kabupaten Jember Ervita Afdilah Sari menyebutkan sangat prihatim melihat di Jember khususnya di perkotaan ini  masih adanya kekerasan yang dilakukan terhadap perempuan dan anak di Jember masih tinggi . Oleh sebab itu tujuan dari pelatihan kepada para Ketua kader PKK yang di ikuti 31 kecamatan , 22 Kelurahan fan 248 Desa ini untuk  mengedukasi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak. 

"Makanya yang kita undang untuk hadir adalah ketua PKK di 31 kecamatan ,22 Ketua PKK Kelurahan dan 248 Desa "ungkap Ervita .


Lebih lanjut Ervita mengajak seluruh peserta yang hadir untuk kembali menghidupkan   Griya Asih merupakan produk asli kabupaten Jember ,sebagai tempat untuk curhat atau mengadu bagi masyarakat  segala persoalan yang dialami oleh perempuan dan anak anak.


Sementara   Joko Sutriswanto, Kabid Perlindungan Anak DP3AKB Jember   menyampaikan ,  ada 4 Narasumber diantaranya Menik,SH, MH dari TP. PKK terkait griya asih sebagai puspagatria asih. Ini merupakan produk dari Kabupaten Jember atau kearifan lokal.              Nrasumber kedua,  Nadia dari Granita Institut terkait penanganan psikologis korban kekerasan pada perempuan dan anak. 


Narasumber ketiga, Ipda Kukun, Kanit PPA ( Perlindungan Perempuan dan Anak )  Polres Jember terkait UU TPKS ( Tindak Pidana Kekerasan Seksual) dan UU TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) .


Narasumber ke empat, Jani Takarianto, SH,MH dari advokat terkait teknik komunikasi paralegal terhadap korban kekerasan pada perempuan dan anak. ( LN,AF)                                 




© Copyright 2022 - RECORD JATIM