Breaking News

Pemkab Jember Akhirnya Punya Pabrik Pupuk Organik "JEMPOL"Diresmikan Bupati Hendy Siswanto

RECORD JATIM.COM

JEMBER- keinginan Penkab Jember untuk membantu petani di Jember dalam mengatasi kelangkaan pupuk yang selama ini  dikeluhkan petani . Pemkab Jember  akhirnya bisa mewujudjkan membangun  Pabrik Pupuk Organik  yang terletak di Desa Wirowongso Kecamatan Ajung 


Keberadaan Pabrik Pupuk Organik " JEMPOL " yang menempati lahan seluas 7,3 Ha , menghabiskan anggaran 3,4 milyard rupiah  mampu memproduksi 50 ton perhari. Secara resmi pada hari Rabu( 27/12/2023 ) siang  ,dengan penekanan tombol oleh Bupati Jember Ir.H.Hendy Siswanto,ST.IPU ASEAN .Eng. dan didampingi Wakil  Bupati KH.MB .Firjaun Barlaman , Ketua TP PKK kabupaten Jember Hj Kasih Fajarini serta Forkopimda secara resmi  dinyatakan mulai produksi.

tanaman sawi tumbuh subur hasil pemupukan pupuk organik si Jempol  dilahan sekitar Pabrik pupuk organik milik pemkab jember


Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan berdirinya pabrik pupuk organik dengan produksinya "cap Jempol " ini  merupakan komitment Penkab Jember dalam upaya untuk membantu lesejahteraan petani di Jember salah satunya mendirukan Pupuk organik. Kita ketahui keberadaan petani selama ini sangat tergantung dengan pupuk bersubsidi padahal kuota  sangat dibatasi.

" Mewakili pemkab Jember saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh stack holder  yang sudah memberikan dukungan pada pembangunan pendirian pupuk organik ini"kataHendy Siswanto.

"Untuk diketahui pembangunan pupuk organik ini kita juga mendapat dukungan 85 home industri pupuk organik yang ada di Jember. Setiap hari pabrik ini mampu memproduksi 50-60 ton perhari pupuk organik. dan pupuk tersebut akan diberikan secara gratis kepada petani di Jember ."jelasnya.


Lanjut  Bupati Hendy  Siswanto mengatakan adanya pabrik pupuk organik ini pihaknya optimis  sebelum ada pabrik pupuk , Jember merupakan swasembada Pangan  dengan memiliki lahan  pertanian seluas kurang lebih  86,150 hektare . Oleh sebab itu target kami , Kabupaten Jember di tahun 2024 menjadikan Jember sebagai daulat Pangan.


Sementara pada kesempatan terpisah   Hapy Yuniarahman  direktur CV Elina Gistarajaya pemenang tender  bersyukur karena pekerjaan pembangunan gedung pupuk  organik   berjalan lancar,  tepat waktu sesuai rencana.                                 "Alhamdulillah,  semua berjalan dengan lancar dan sukses. " Ujarnya.                   

Kedepan,  pihaknya berharap gedung pabrik ini berfungsi dengan baik dan bisa berguna bagi masyarakat.

"Wes Wayahe Jember,  Mandiri Pupuk  menjadikan Jember menjadi Daulat Pangan." Pungkasnya.( LN)



.   

© Copyright 2022 - RECORD JATIM