Breaking News

Masjid Ceng Hoo Jember Menjadi Wisata Religi Kata Bupati H.Hendy Siswanto

RECORD JATIM.COM

JEMBER- Para Muslim Tionghoa di Jember memiliki wadah tersendiri untuk belajar agama Islam.

Mereka tergabung dalam Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Jember. Kegiatan mereka terpusat di Masjid Muhammad Cheng hoo Jember .Di sana, mereka rutin menggelar pengajian, belajar membaca Al Quran, shalat subuh berjemaah hingga menggelar kegiatan bakti sosial .


Masjid Ceng hoo yang terletak kelurahan sempusari kecamatan kaliwates Jember ini  diresmikan oleh Bupati Jember MZA Jalal. Dengan arsitektur khas tionghoa ,baik itu warna cat hingga ornament atapnya ,ada hiasan lampu lampion  memiliki ciri khas  tersenidiri.


Mendampingi Bupati Jember Hadir pada peletakan Batu untuk pembangunan Gapuro ,Dandim 0824 Letkol Inf. Rahmat Cahyo Dinarso. Jember, Camat Kaliwates ,Lurah Sempusari ,Tokoh masyarakat, tokoh Agama  dan ketua Takmir  bersama pengurus Masjid Cengho.

"Adanya masjid ceng ho yang ada di Jember tentunya Pemkab Jember merasa bangga karena di wilayah tapal kuda keberadaan masjid Cengho hanya ada di Jember ungkap Bupati Jember Hendy Siswanto saat meletakkan batu pertama sebagai tanda dibangunnya gapuro pintu masuk Masijd Cengho pada hari Jumat ( 22/12/2024) .

Bupati Jember Ir.H.Hendy Siswanto ST,IPU ASEAN .Eng menyampaikan apresiasi dengan dibangunnya gapuro Masjid Ceng Hoo ini ,tentunya Pemkab Jember  bangga dan sangat bahagia di Jember ada Masjid Ceng Hoo.

,"karena tidak semua kabupaten di jawa timur ada Masjid Ceng hoo. Bupati menegaskan adanya masjid ceng hoo ini menandakan adanya dakwah bihlal bagaimana mensiarkan Agama islam lewat masjid Ceng hoo ini."jelasnya


Bupati Hendy lebih lanjut mengatakan adanya Masjid ceng hoo di jember bisa menjadi destinasi wisata ,pasalnya destinasi itu tidak hanya destinasi wisata rembangan ,Pantai watu ulo papuma bukan itu saja . Tetapi destinasi wisata kebutuhan rohanl itu juga sangat diperlukan .


"salah satunya wisata religi ke masjid Al Baitul Amien ,Riyadus Solihin, Makam KH Mbah Sidiq  termasuk juga  masjid Ceng hoo ini  merupakan bagian dari syiar islam yang kita resmikan pembangunan gapuronya."tandasnya.


Sementara ketua Takmir Masjid Ceng hoo HM. Lauw Song Tjai, mengatakan Masjid Ceng Hoo ini pertama kali diresmikan tahun 2015 oleh Bupati Mza Jalal. " Alhamdulillah untuk hari ini Jumat 22 Desember 2023 kita undang Bapak Bupati H.Hendy Siswanto untuk meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Gapura yang terletak sebelah barat kelurahan Sempusari. ",untuk pembangunan Gapuro imi kita targetkan 1 bulan selesai karena semua bahan sudah kita siapkan semuanya "kata HM. Lauw Song Tjai,( LN,FIR)





© Copyright 2022 - RECORD JATIM