Breaking News

Fakultas Pertanian Unej Menggelar Pameran Dan Pelatihan Budidaya Anggrek dan Hidroponik.


RECORD JATIM.COM

JEMBER- Tanaman hias bunga anggrek dinilai memiliki potensi ekonomi, 

 karena banyak diminati, terlebih lagi kalangan perempuan remaja ataupun ibu-ibu.

“Anggrek yang paling diminati relatif, semua jenis anggrek banyak diminati. Terutama anggrek bulan. Untuk proses aklimatisasi, mulai dari proses penanaman biji membutuhkan waktu sekitar 4 bulan. Kemudian setelah tumbuh tunas, dan dipindahkan ke botol-botol hingga bisa dikeluarkan itu butuh waktu 14 bulan,”  ungkap Didik salah satu dosen pertanian fakultas universitas Jember yang ikut mendampingi Dekan Fakultas Pertanian Profesor Ir.Soetriono MP ketika membuka pelatihan di lantai 1  di Lipo Mall  Jember.


Didik Puji mengatakan Anggrek  yang kita tampilkan ini merupakan hasil aklimatisasi dari anggrek luar negeri dengan yang ada di indonesia . Untuk pembibitannya  hasil persilangan ini ,dimasukkan botol kurang lebih 4 bulan setelah itu dipindahkan ke media lain hingga bisa berbunga membutuhkan waktu sekitar 1  tahun lebih.


Dekan Fakultas pertanian Prof.Ir.Soetriono MP dalam keterangan persnya bersama awak media mengatakan kenapa kegiatan pameran dan pelatihan terkait pertanian ini dilaksanakan di Mall .karena selama ini yang berkaitan dengan  pertanian dipandang sebelah mata karena selalu berkaitan dengan yang namanya lumpur , lahan yang luas ,,serta hujan . 

"Tetapi kegiatan pameran pelatihan yang kita adaka  di Mall ini yang di ikuti anak anak muda atau GenZ, kita mencoba memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk kaum milineal bahwa pertanian itu tidak harus membutuhkan lahan yang luas . Namun dalam kegiatan pameran ini kita berikan pelatihan budidaya Anggrek ,Kaktus serta Hidroponik semua itu bisa dilakukan di rumah  tidak butuh lahan luas." Lanjutnya.


Soetriono menegaskan kegiatan pameran dan pelatihan ini digelar selama 3 hari mulai tanggal 15 sd 17 Desember 2023. Silahkan kaum milineal untuk mengikuti pelatihan tersebut secara gratis.


Marlina Elizabet Humas Lippo Mall Jember menyampaikan adanya kegiatan pameran dan pelatihan budidaya anggrek dan hortikultural dilakukan fakultas pertanian Unej Jember ini baru pertama kali .pihak management sangat mendukung sekali .

Terlebih  setelah lihat paparan tadi. Bagaimana budidaya anggrek terus budidaya tanaman melalui hidroponik .

 "Jadi kegiatan ini sangat tepat bila segmennya untuk anak muda atau Gen Z. Apalagi seperti di Lippo Mall ini banyak dikunjungi kaum milenial"pungkasnya.

Sementara Andik salah satu peserta siswa dari SMK pertanian  Jember kepada media ini mengatakan sebenarnya kita bareng teman  teman datang ke lippo mall untuk nongkrong aja . Pas kebetulan masuk ,lihat ada pameran dan pelatihan yang dilaksanakan fakultas pertanian, akhirnya kita tertarik ikut daftar apalagi gratis  

 Selain itu kebetulan di SMK saya ambil jurusan pertanian  sehingga bisa nambah ilmu  dan pengalaman.

"Kegiatan ini menurut saya sangat positip dan menarik untuk anak anak muda  yang ingin belajar berwira usaha dibidang pertanian, karena ada pelatihan hidroponik , pemupukan  organik "pungkasnya.( LN.FIR)


© Copyright 2022 - RECORD JATIM