Breaking News

Disnaker Jember Sosialisasi Aplikasi" SIAP KERJA "Kepada Perangkat Desa Dan Kelurahan .

RECORD JATIM.COM

JEMBER-Pemerintah Indonesia memiliki komitment yang sangat tinggi dalam melindungi pekerja Migran Indonesia ( PMI).Upaya perlindungan terbaru dari pemerintah yaitu dengan menerbitkan peraturan menteri tenaga kerja nomor 5 tahun 2023,salah satunya memberikan perlindungan kepada pekerja migran indonesia secara komprehensif ,mulai dari sebelum selama hingga setelah bekerja 

Pemkab Jember melalui Dinas tenaga kerja memiliki komitment untuk memberikan perlindungan yang optimal kepada pekerja migran dari Jember salah satunya  melouncing" Aplikasi Siap Kerja" aplikasi ini nantinya bisa di akses  di 226 desa 22 kelurahan  sebagai wujud untuk memudahkan pendataa n dari warganya yang mau bekerja keluar Negeri sesuai asal daerahnya.


Bimtek yang di inisiasi Disnaker Jember ini bekerjasama dengan kementrian Tenaga Kerja  RI bidang Direktorat Bina Penempatan dan perlindungan pekerja migran indonesia mendapat apresiasi  dari Gede Wira  Pratna selaku Nara sumber dari kementrian Tenaga kerja RI . 

Dia katakan  Disnaker Jember yang bekerja sama dengan lembaga yang ada di jember dalam kegiatan bimtek ini cukup inovatif, memiliki  Aplikasi "Siap Kerja" Adanya  aplikasi yang dibuat Disnaker Jember ini tentunya  akan  memberikan rasa aman bagi pekerja dari Jember yang ingin kerja di Luar Negeri sebagai pekerja PMI secara aman dan berhasil.


"Adanya Aplikasi Siap kerja merupakan suatu bentuk data tunggal sehingga kami memastikan dengan adanya data tunggal tersebut bisa memastikan  pekerja yang berangkat bisa  bekerja secara prosedural  mengenai lowongan yang ada sudah melalui di verifikasi. Jadi lowongan yang ada benar benar dilamar oleh calon pekerja ." Tandasnya.


Sosialisasi Aplikasi " SIAP KERJA 'dilaksanakan Disnaker Jember selama sehari pada hari kamis ( 30/11/2023) tersebut di ikuti oleh staf administrasi  226 perangkat Desa dan  staf dari 22 kelurahan.


Sementara itu, Irwandani menjelaskan, jadi kegiatan sosialisasi ini  melibatkan perangkat desa dari 226 desa, 22 Kelurahan. Jadi 248 desa Termasuk sebelumnya pada Camat juga mengikuti bimtek tersebut pada hari pertama dan kedua.


 " Jadi tujuannya mengenalkan aplikasi tersebut  kepada masyarakat. Kalau di Jember itu hanya ada 5 sub penyalur tenaga kerja saja.'imbuhnya.


Pantauan media ini ,Sosialisasi sebelumnya yang sudah dilaksanakan yakni  Aplikasi J Berteman  Teman dan  J Garuda berlangsung  pada hari senin sd Rabu . Hadir  pada acara tersebut diantarany Camat,kades Tokoh Masyarakat  dan tokoh Agama. Sedangkan nara sumber dari Kemenaker RI bidang BPB2MI, Imigrasi ,kepolisian ( LN,FIR)










© Copyright 2022 - RECORD JATIM