Breaking News

Bakesbangpol Jember Menggelar Talk Show Pemilu 2024 Untuk Milenial

RECORD JATIM.COM

JEMBER-  untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 ,Bakesbangpol Pemkab Jember menggelar Talk Show dengan ttema "Peran strategis pemilih pemula dalam mensukseskan pemilu 2024' pada hari kamis 7 Desember 2023, bertempat di  gedung Ahmad zaenuri  yang hadir  ada 130 siswa dari 1 5 sekolah SMA SMKN  yang ada di kota Jember.  


Pada kegiatan tersebut Bakesbangpol Jember menghadirkan 3 nara sumber  ada dari Akademisi  Nurul Hidayat dari  Fisipol  Unej Jember , Susanto dari KPUD  Jember dan  Wiwin Reza Kurnia  dari Bawaslu..


Dari 3 nara sumber secara bergiliran  menyampaikan paparannya mengenai pemilu  2024 .seperti disampaikan susanto dari KPUD Jember, untuk kertas suara ini  ada perbedaan. Untuk Presiden dan wakil presiden warnanya  surat suara  Abu abu, kemudian DPR RI kertas suara warna  kuning , selanjutnya DPD  kertas suara warna merah ,kemudian DPRD Provinsi warna biru dan DPRD Kabupaten warna kertas suara hijau.


Ada hal menarik saat   Nurul Hidayat dari akademisi  Unej Jember melontarkan pertanyaan kepada 150 peserta milenial yang hadir ,ditanya apakah kalian akan datang ke TPS pada 14 Pebruari 2024 secara serentak mereka 99 persen menyatakan akan memberikan hak suaranya.

Ada himbauan dari Nurul Hidayat untuk generasi milenial yang akan menggunakan Hak pilihnya "agar menjadi pemilih yang berdaulat dan bertanggung jawab. Jika kalian tidak tau vigur calon yang akan dipilih maka berdoa dulu sebelum mencoblos mohon petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT


Sementara wiwin dari Bawaslu Jember terkait pertanyaan dari salah satu siswa tentang cara menolak politik uang secara halus .  Wiwin mencoba memberikan jawaban dengan regulasi,analogi dan publikasi.

Pihaknya berharap pemilih pemula harus  faham kalau politik uang sangat bertentangan dengan hukum sangsinya adalah pidana.. wiwin berpesan agar dalam penyampaiannya tidak kaku dan luwes .


Sementara  Mohamad Samsu Rizal  Kabid. Politik dalam negeri di Bakesbangpol Jember  menyebutkan kegiatan talk show ini merupakan bagian sosialisasi untuk pemiih pemula  untuk mensukseskan pemilu 2024.


"Kegiatan ini merupakan kegiatan pemerintah daerah melalui Bakesbangpol untuk mengadakan talk show dengan melibatkan pemilih pemula yakni siswa siswi dari 15 sekolah yang ada di Jember. sosialisasi sebelumnya untuk masyarakat di lakukan  di Puger dan Silo yang dianggap tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu 2019 sangat rendah"ungkap Samsu Rizal


Lanjut  Samsu Rizal Jumlah DPT di kabupaten Jember untuk pemilih pemula ( Generasi) milenial tercatat 30 persen .


sesuai data yang dirilis oleh KPUD Jember  sudah mengeluarkan keputusan  pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 sebanyak 1.972.216 orang dalam rapat pleno terbuka yang digelar di aula Kampus Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember, Jawa Timur belum lama ini 


"Sebanyak 1.972.216 orang pemilih tersebut terdiri atas 997.449 pemilih perempuan dan 974.767 pemilih laki-laki yang tersebar pada 248 desa dan kelurahan di Kabupaten Jember. Kemudian jumlah  tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 sebanyak 7.706 TPS yang tersebar pada 248 desa/kelurahan dengan 31 kecamatan di Jember.( LN)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM