Breaking News

Untuk Memberikan Pelayanan Optimal Pemkab Jember Soft Louncing Mal Pelayanan Publik

RECORD JATIM.COM

JEMBER -Begitu banyaknya permasalahan dalam pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah, maka sangat perlu dilakukan suatu perubaahan atau reformasi melalui perbaikan pelayanan publik

 Inilah kerangka mendasar yang harus diramu dalam tata cara yang berorientasi pada hasil dan menjawab kebutuhan mendasar warga masyarakat sehingga lahir GENERASI PELAYANAN PUBLIK TERPADU,lalu generasi kedua bernama PELAYANAN TERPADUSATU PINTU (PTSP). Kemudian MAL PELAYANAN PUBLIK (MPP) adalah generasi ketiga yang lebih progresif memadukan pelayanan dari Pemerintah pusat, daerah, BUMD maupun swasta .


Hal ini sesuai  dengan  Permen PANRB Nomor 23 Tahun 2017, tujuan kehadiran Mal Pelayanan Publik adalah memberi kemudahan, kecepatan , keterjangkauan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan..


Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto ST., IPU., didampingi Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlman, Sekretaris Daerah Kabupaten Jember Hadi Sasmito serta jajaran Forkopimda melakukan Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) yang dihadiri seluruh Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Jember dan seluruh Camat Kabupaten Jember pada Senin (6/11/2023) di Gedung Mal Pelayanan Publik Kabupaten Jember.

"Mal Pelayanan Publik saat ini sudah ada 20 instansi yang berpartisipasi dan juga ada sejumlah pelayanan dengan jumlah total 238 pelayanan" ujar Bupati Jember.


Sementara 20 Instansi yang berpartisipasi dalam MPP saat ini ada 7 Instansi vertikal yakni BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan BPN, KPP Pratama Jember, Bank Jatim, PengadilanNegeri Jember Kelas 1A dan Polres Jember serta 13 perangkat daerah di lingkungan Pemkab Jember yakni Dinas PTSP, Dinas PU Bina Marga dan SDA, Dinas Perumahan Rakyat kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Diapenduk, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Kesehatan, Dispendik, Diskominfo, DP3AKB, Bapenda, Perumdam Tirta Pandhalungan yang siap melakukan pelayananan kepada masyarakat mulai hari ini.

"Kita sebagai pelayan masyarakat harus benar-benar siap melayani masyarakat Jember yang datang ke Mal Pelayanan Publik ini sebaik-baiknya" tutur Bupati Jember .


Agar Efisiensi pelayanan yang dilakukan di Mal Pelayanan Publik ini di Jember bisa lebih optimal harus dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang syarat-syarat jika ingin mengurus sesuatu di Mal Pelayanan Publik Ini. 


Bupati Jember  Hendy Siswanto berpesan kepada  para Camat di Kabupaten Jember untuk membantu pemkab Jember melakukan sosialisasi kepada masyarakat di masing-masing Kecamatan


Pada kesempatan terpisah Edi salah seorang warga yang memiliki usaha papan reklame menyampaikan terima kasih kepada bapak bupati hendy yang telah menerbitkan izin usahanya di bidang reklame .

''harapan saya sebagai wira usaha adanya  Mal pelayanan Publik ini bisa mempermudah proses perijinan lebih cepat. Saya sendiri terus terang mengurus perijina masih di PTSP dulunya , ini baru saya terima memakan waktu 2 minggu, padahal berkas yang kami bawa lengkap "papanya..


Hal senada diungkapkan  oleh Ibu Umi yang mau urus ijin perpanjangan untuk yayasan sekolah TK . Untuk urus ijin perpanjangan saja walaupun berkas udah lengkap surar ijin baru terbit 1 bulan ." Kita berharap adanya Mal pelayanan publik 1 pintu ini pelayanannya harus lebih cepat selesai  apalagi persyaratan lengkap bisa diterbitkan 2 hari sudah bagus 'pintanya( LN)











© Copyright 2022 - RECORD JATIM