Breaking News

Satpol PP Jember Intensifkan Patroli , Adanya Isu Mirip KLITIH .


RECORD JATIM.COM

JEMBER  - Kasus upaya mencederai sepasang muda-mudi pada tengah malam oleh sekelompok remaja bersenjata tajam di wilayah Tegal Besar terjadi pertengahan pekan ini. Kasus itu ditengarai mirip klitih ( _kliling golek getih_ ), yaitu kekerasan yang dilakukan oleh kelompok remaja di Yogyakarta pada malam hari, beberapa waktu lalu.


 Setelah kejadian tersebut mulai bermunculan isu tindakan serupa di beberapa tempat lain yang tersebar melalui unggahan-unggahan  media sosial.


Kasus di Tegal Besar dan isu-isu mirip klitih lainnya membuat resah masyarakat. Ungkapan keresahan itu pada umumnya disalurkan melalui media sosial, baik berupa pesan WA ataupun _direct message_ (DM) Instagram yang ditujukan kepada pihak-pihak berwenang. Salah satu ungkapan yang belakangan banyak muncul adalah "Jember Darurat Klitih".

Bambang Saputro  kepala satpol PP Pemkab jember 

Bambang Saputro Ka.Satpol PP Pemkab Jember  dikonfirmasi  Record Jatim.com  mengatakan , merespons keresahan yang terjadi di kalangan masyarakat agar kondisi lingkungan tetap  tentram dan aman , Satpol PP Kabupaten Jember telah mengambil 3 tindakan, yaitu :

*Pertama* , mengintensifkan patroli rutin malam hari dengan sasaran wilayah-wilayah yang rawan terjadi gangguan ketenteraman dan ketertiban. Lokasi itu antara lain : Semanggi, Kampus, Tegal Gede, Antirogo, Kaliurang, Jalan M. Yamin hingga Ajung, Stadion Jember Sport Garden, dan Jalan Gajah Mada. Seperti halnya patroli siaga praja yang dilaksanakan pada hari  Sabtu, 18 November 2023 pada pukul 23.00  - 02.00 WIB 


*Kedua* , menanggapi DM pengaduan masyarakat yang masuk dalam akun Instagram Satpol PP tentang upaya mengatasi klitih. 


*Ketiga* , berkoordinasi bersama  polres dan kodim serta 31 kecamatan se-Kabupaten Jember guna menjaga ketenteraman dan ketertiban di wilayah masing-masing melalui sinergi dan kolaborasi bersama muspika setempat


Upaya yang diambil Satpol PP ini juga bertujuan memelihara situasi Jember agar tetap kondusif menjelang digelarnya Pemilu Serentak pada tahun 2024 nanti.  Pada hari sabtu  dinihari ( 20/11/2023) telah melakukan patroli di sejumlah  kawasan di jember kota mulai pukul 23.00-1.00


Lebih lanjut  Kepala Satpol PP Bambang Saputro, SH, Msi menyatakan bahwa Satpol PP akan selalu siap siaga mengatasi permasalahan mirip klitih ini. "Agar Jember selalu aman, selaras dengan himbauan Bupati Hendy Siswanto untuk mengaktifkan kembali siskamling jelang pemilu," tutupnya.( LN)



S

© Copyright 2022 - RECORD JATIM