Breaking News

Pemkab Jember Kolaborasi Dengan Stakeholder Pariwisata Menggelar Workshop

RECORD JATIM.COM

JEMBER- Pemerintah Kabupaten Jember berkolaborasi dengan stakeholder pariwisata menggelar Workshop Merintis Bisnis Homestay dan Manajemen Pengelolaann bertempat  di Lab. Perhotelan Unmuh Jember pada Kamis (16/11/2023) pagi. 


Kegiatan workshop tersebut dihadiri  Prodi Perhotelan Unmuh Jember, HPI DPC Jember, PHRI BPC Jember, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Diskominfo Jember, serta DPMPTSP Jember.


Bambang Rudianto Kepala Disparbud Jember Bambang Rudianto menjelaskan bahwa target kegiatan tersebut dihadiri oleh 20 peserta, tetapi total yang hadir lebih dari itu. "Overload sampai 34 orang," lanjutnya. Menurut dia, hal ini menandakan bahwa trend untuk berbisnis homestay di Jember meningkat.


Ke depan, pihaknya akan  terus melakukan monitoring dan evaluasi , sehingga tujuan diadakannya workshop ini tercapai. Tak cuma pelatihan,  namun setah  mengikuti Workshop benar-benar ada homestay yang berdiri dan dapat dinikmati para wisatawan yang datang ke Jember.


Hadi Jatmiko pemberi materi workshop  mengungkapkan bahwa puluhan peserta hari ini akan mendapatkan pengetahuan soal bagaimana mengelola homestay dengan baik, benar, dan sesuai standar. "Misalnya, bagaimana mengelola tamu dan lingkungan sekitar," tuturnya.


Mengingat, homestay berbeda jika dibandingkan dengan penginapan pada umumnya. "Karena warga juga terlibat, homestay ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar objek wisata," tegasnya.


Selanjutnya, homestay ini juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengenalkan budaya lokal kepada wisatawan. "Bagaimana masakannya, bagaimana kesehariannya, sehingga ada pengalaman yang belum didapatkan wisatawan di tempat lain," tuturnya.


Sementara Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jember Hasti Utami menyatakan bahwa workshop ini diadakan berasaskan kolaborasi dan swadaya stakeholder masing-masing. "Jadi, tak ada lagi omongan tak ada kegiatan karena tak ada anggaran," paparnya.


Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat menjadi semangat dan ditiru banyak pihak. Tujuannya, untuk saling berkolaborasi mencapai suatu tujuan tertentu. "Bulan depan ada kegiatan yang lebih besar dan diikuti ratusan orang, yakni jelajah purba," tandasnya.( LN.Diskominfo)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM