Breaking News

Disnaker Jember Sosialisasikan Aplikasi Gaja dan J- Ekapeka Bagi SMA,SMK


RECORD JATIM.COM.

JEMBER- Bimtek Si Gaja dan J - Ekapeka digelar Disnaker Jember  dengan peserta dari  SMK Sekabupaten Jember,  baik swasta maupun negeri di Hotel Dafam Fortuna, Senin (6/11/2023).  Dari Bimtek ini, untuk  diaplikasikan dalam Bursa Kerja Khusus di semua SMK.           

"Setiap alumni SMK yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi,  wajib mengisi J-Ekapeka sehingga ketika ada perusahaan yang buka lapangan kerja, ketemu di Si- Gaja." Terang Drs. Suprihandoko, MM Kepala Disnaker Kabupaten Jember. 

                                      

Aplikasi Si - Gaja dan J- Ekapeka merupakan aplikasi digital yang diluncurkan Disnaker Jember untuk pencari kerja dan penyedia lapangan kerja atau perusahaan.              

"Si- Gaja itu sistem informasi Ketenagakerjaan yang merupakan ekosistem digital Ketenagakerjaan yang akan mempertemukan lowongan pekerjaan atau perusahaan dan pencari kerja dalam satu platform digital. " Ujarnya.                           


 Menurut Suprihandoko, yang menjadi masalah adalah kompetensi.  Kompetensinya sesuai apa tidak dengan lapangan kerja  yang  dibutuhkan. Dengan Bimtek ini  diharapkan setiap pencari kerja di Kabupaten Jember masuk di aplikasi J- Ekapeka yaitu Elektronik Kartu Pencari Kerja.                   

"Dengan  masuk di J-Ekapeka, yang bersangkutan ingin dilatih, kompetensi apa yang diinginkan.  Kalau Disnaker nanti punya anggaran, entah APBD atau sumber yang lain, nanti  akan dilatih." Tegasnya.                              

Hal ini penting,  karena pihaknya melihat pada Job Market   ada 4 ribuan lowongan kerja yang dibuka dengan  jumlah pencari kerja lebih dari 50 ribuan. Tapi faktanya, yang masuk dan  diterima dalam lowongan kerja itu tidak sampai 250 orang.                        

"Standart kompetensi pencari kerja tidak sesuai dengan lapangan kerja yang ada. Ketimpangan kompetensi kerja ini yang perlu di pikir bareng- bareng. " Imbuhnya.                   


Untuk itu,  pihaknya ada J- Berteman yaitu meningkatkan kompetensi pencari kerja agar laku di pasar kerja.  Kalau kompetensi dinaikkan,  pasar kerja akan menerima.    

"Sekali di latih, ini melekat seumur hidup. Mau kerja  di mana saja, bisa tergantung,  etika,  tata krama, loyalitas,  dedikasi dan kompetensi." Pungkasnya. ( LN,AF)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM