Breaking News

Antisipasi Musim Hujan Pemkab Jember kolaborasi Bareng PLN Up3 Melakukan Perempesan Pohon.

RECORD JATIM.COM

JEMBER- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Ir. Widodo Julianto dan Manajer PLN UP3 Jember Dasih Listyanto, ST menjadi narasumber dalam talkshow yang diselenggarakan pada Jum’at, (10/11/2023) di Radio Prosalina .


Talkshow yang disiarkan secara Live di chanel Youtube Prosalina Radio ini dipandu oAnto Januarta membahas tentang Gerakan Perempesan (Gerpas) Pohon yang tengah berlangsung hingga 3 minggu kedepan di pertengahan November untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang memasuki musim penghujan. 


Kepala BPBD, Widodo Julianto menyampaikan  bahwa Gerpas pohon ini dibantu oleh tim terkait seperti PLN, Dinas Cipta Kaya, Dinas Perhubungan, dan Dinas Lingkungan Hidup. Dalam 1 hari, setidaknya ditargetkan 6 pohon yang dirempes. Namun sebelumnya, dilakukan crosscheck penentuan pohon-pohon yang akan dipangkas dahan atau rantingnya. 

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Jember, Dasih Listyanto mengungkapkan pihaknya siap mendukung adanya Gerpas ini. “PLN bersama OPD dibawah koordinasi BPBD mendukung penuh kegiatan Gerpas ini. Keselamatan lingkungan dan warga pengguna jalan apabila terjadi pohon roboh mengenai jaringan dampaknya juga sangat luas, seperti pemadaman yang agak cukup lama,” ungkap Dasih. 


Menurutnya, PLN kaitannya sangat erat sekali, khususnya dengan jaringan kabel listrik. “Untuk jaringan yang tertimpa membutuhkan waktu tidak sebentar, apalagi ada peralatan jaringan yang harus diganti. Oleh karena itu, kita lakukan gerpas dibawah inisiasi Pemkab Jember yang dinaungi BPBD Kabupaten Jember. 


Dasih menambahkan layanan bagi warga yang membutuhkan bantuan PLN terkait pengamanan pohon. “Silahkan hubungi PLN melalui PLN Mobile, mencantumkan nomor hp yang bisa dihubungi lalu tim kami akan menindaklanjuti. layanan PLN ini tidak ada biaya apapun. PLN siap melayani 7 x 24 jam,” ungkap Dasih. ( LN.AF)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM