Breaking News

Antisipasi Bencana Pohon Tumbang Pemkab Jember Melakukan Gerpas Pohon

RECORD JAYIM.COM

JEMBER- Musim penghujan di Jember telah tiba,untuk antisipasi adanya pohon tumbang  Pemerintah Kabupaten Jember melakukan Gerakan Perempesan (Gerpas) Pohon di empat titik wilayah perkotaan, di antaranya Jalan Ahmad Yani, Trunojoyo, Gajahmada, dan Jalan PB Sudirman pada Kamis 02 Oktober 2023.

Bupati Jember Hendy Siswanto menjelaslan  Gerpas Pohon ini dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan bagi masyarakat.

“Kita tahu bahwa saat ini sudah mulai masuk musim hujan, sehingga untuk menghindari adanya bencana berupa tumbangnya pohon akibat hujan dan angin yang cukup kencang maka kita lakukan perempesan,” ujar Bupati Hendy Siswanto.


Ia menambahkan, kondisi pohon di Jember beragam, ada yang sudah tua, rantingnya miring ke atas rumah-rumah warga, sehingga membahayakan apabila tidak segera dipotong rantingnya.


Bupati Hendy juga menyampaikan  terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam gerpas serentak ini.

“Selain untuk keselamatan masyarakat, gerpas pohon ini juga menyelamatkan sambungan kabel listrik, sehingga dapat mencegah terjadinya pemadaman aliran listrik akibat kabel listrik yang diputus tertimpa pohon,”lanjutnya.


Selain itu Bupati Hendy  mengimbau kepada seluruh warga Kabupaten Jember untuk bergotong royong melakukan perempesan pohon di lingkungan rumah masing-masing.

“Pohon-pohon di sekitar rumah masing-masing itu diperhatikan, apabila sekiranya membahayakan mungkin karena usianya, tingginya, supaya dirempesi, daripada roboh menimpa rumah atau mengancam keselamatan,” pesannya. ( LN,AF)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM