Breaking News

Adanya Bumdes Bisa Membantu Menekan Laju Inflasi : kata Bupati Hendy.

Bupati Jember H.Hendy Siswanto meresmikan Bumdes Langgeng Jaya kamis ( 9/11/2023)

RECORD JATIM.COM

JEMBER-  Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto ST., IPU., didampingi oleh Sekretaris  Daerah Kabupaten Jember Hadi Sasmito telah meresmikan  Gedung Bumdes Langgeng Jaya Desa Balung Kulon Kecamatan Balung pada hari kamis ( 9/11/2023)


Peresmian  Gedung Bumdes Langgeng Jaya Desa Balung Kulon ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Jember Hendy Siswanto disaksikan oleh Kades Balung Kulon Langgeng Supryanto serta sejumlah OPD ,Tokoh masyarakat dan tokoh Agama ,serta Muspika kecamatan Balung. 


Sebelum peresmian Bumdes lamggeng jaya diawali dengan pembagian Nutrisi untuk Ibu hamil dan menyusui yang diserahkan langsung oleh Bupati Hendy Siswanto.


Usai peresmian Bumdes Langgeng  Jaya Bupati Hendy Siswanto dikonfirmasi awak media mengatakan di Jember ini telah ada 25 Bumdes. Dan bumdes ini  merupakan  bagian kerja inovasi dari setiap Desa , dan jangan segan segan menjadi study tiru. Karena kalau ingin maju bumdes ini harus ada kolaborasi ,meskipun akan mengurangi profit tapi manfaatnya cukup besar.


Lebih lanjut Bupati  menjelaskan bagaimana desa bisa menggerakkan ekonomi lewat kekuatan kearifan lokal. Makanya dalam menjalankan roda organisasi harus ada keterbukaan management ke Anggotanya .

"seperti laporan keuangan , Bonus SHU bagi anggota di akhir tahun harus open management "ungkap Bupati Hendy yang memiliki latar belakang sebagai pedagang  sebelum jadi bupati Jember .


 Bumdes langgeng jaya ini menurut Bupati Hendy  sangat berbeda dengan bumdes lainnya  yang sudah ada .waktu kita lihat  Bumdes Langgeng Jaya ini menjual  Bahan Pokok Penting dan ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Jember dalam  menekan Inflasi maupun  angka Stunting di Kabupaten Jember. Untuk itu tolong harga bakpoting jangan terlalu tinggi melebihi harga di pasar.

"Untung sedikit omzet penjualan cukup tinggi. Terus bagaimana agar masyarakat Balung Kulon mau jadi anggota Bumdes langgeng jaya . Caranya setiap pembelian barang bapkpoting  di bumdes langgeng jaya ada bonus bisa langsung jadi amggota. Selain itu ada promosi  nilai belanja  masyarakat  pertahun cukup besar ada  hadiah"jelas Hendy.


Pesan Bupati H.Hendy Siswanto kepada direktur Bumdes Langgeng jaya Semoga Bumdes Langgeng Jaya Balung Kulon ini dapat bermanfaat bagi warga balung khususnya Balung Kulon. Untuk itu lakukan keterbukaan kepada anggotanya mulai hasil pendapatan penjualan ,SHU. kalau hisa dilaporkan perbulan itu lebih baik.


Sementara Langgeng Supryanto kades Balung Kulon menjelaskan pembangunan bumdes ini yang baru diresmikan oleh Bapak Bupati Hendy Siswanto memakai dana DD tahun anggaran 2023 sebesar Rp.250.000.000.

"Ada tiga usaha yang kita kelola di bumdes langgeng jaya yang mempekerjakan 10 karyawan ini , diantaranya Bapokting, Hendy Craf, dan pengolahan sampah organik . Untuk yang satu ini baru akan kita sosialisasikan ke warga balung kulon untuk sampah  organik untuk dikumpulkan nantinya kita proses jadi bahan butiran plastik "pungkasnya.( LN,FIR)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM