Breaking News

Sentra Mahatmiya Bali Berikan Bantuan Untuk ODGJ di Jember ,

RECORD JATIM.COM

JEMBER, Sentra Mahatmiya Bali, sebuah unit pelaksana teknis Kemensos RI yang khusus melayani dan mengembangkan potensi yang dimiliki warga penyandang disabilitas telah menyalurkan bantuan bagi warga Jember penyandang Disabilitas  melalui Dinsos Jember pada hari jumat ( 20/10/2023) pagi.


Hadir  pada kegiatan tersebut Bupati Jember Hendy Siswanto didampingi Sekda Pemkab  Jember Hadi Sasmito, sejumlah pejabat OPD dan perwakilan Komisi VIII DPR RI .


Dalam kegiatan ini, disalurkan sebanyak 50 tangan dan kaki palsu, serta 3 unit motor untuk warga penyandang disabilitas di Kabupaten Jember.


Dalam sambutannya Bupati Hendy Siswanto menyampaikan terima kasih kepada Mahatmiya Bali, juga apresiasi kepada Dinsos atas bantuan untuk warga kami  khususnya penyandang Disabilitas.


Selain itu  Bupati Hendy juga menyampaikan  bahwa Pemkab Jember melalui Dinsos akan membentuk tim Sahabat Tangan di setiap RT/RW untuk pelayanan sosial. Untuk program ini akan menyerap sebanyak 10 ribu tenaga kerja.

“Nanti kita cepet-cepetan melayani masyarakat, di lingkup kerja sosial,” lanjutnya.


Sementara itu, Kepala Dinsos, Akhmad Helmi Luqman menjelaskan  bantuan untuk  warga jember  tersebut diharapkan dapat bermanfaat.

“Bantuan ini diharapkan dapat memberikan rehabilitasi untuk pemulihan dan kemampuan para penyandang disabilitas yang mengalami disfungsi sosial. Supaya mereka dapat melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar,” ujar Helmi.


Selain itu juga, Helmi mengutarakan bahwa warga yang mendapatkan motor roda tiga khusus penyandang disabilitas, adalah warga yang sudah memiliki embrio usaha, sehingga dengan bantuan tersebut diharapkan mampu menunjang usahanya masing-masing. 

Ada 3 orang yang mendapat bantuan ,dan sudah melalui verifikasi dari pihak Mahatmiya Bali.


 Sementara itu, Sumarno Sri Widodo kepala Perwakilan Kementrian Sosial sentra Mahatmiya Bali mengatakan, sebenarnya Rool model itu hanya untuk penyandang ODGJ atau gangguan mental. Kemarin saya mendapat informasi ada sekitar 2000 an ODGJ.

" Seperti di Tabanan ada 700 an dan Gianyar ada 1000 sekian. Semua seperti warga biasa. Jember menjadi Rool model bagi ODGJ karena pendampingan yang luar biasa sekali dilakukan oleh Dinsos Jember" imbiuhnya.


Oleh sebab itu kedatangan di Jember di Liposos Jember ini dalam rangka penyerahan  bantuan  sepeda motor roda 3 sebanyak 3 unit,untuk ODGJ dan membuatkan 92 kaki tangan palsu  untuk penyandang disabilitas, agar yang bersangkutan bisa  membuka wirausaha . Dengan harapan laku jualanya dan mendapat penghasilan. Sebelum bantuan turun, kita lebih dulu melaksanakan Asesmen dari Sentra Mahatmiya Bali sendiri( LN).

© Copyright 2022 - RECORD JATIM