Breaking News

Seni Al Banjari Merupakan Dakwah Bil Halal Kata Bupati Hendy Siswanto

RECORD JATIM.COM

JEMBER-Bupati Jember Hendy Siswanto memberikan apresiasi terhadap kegiatan Remaja Masjid Al Banjari menyelenggarakan festival Al Banjari. Per nyataan tersebut disampaikan Bupati Hendy saat membuka  festival tersebut hari sabtu 30 september  2023 di Masjid Besar Al Barokah, Kalisat .

“Luar biasa remaja Masjid Besar Al Banjari ini diikutin peserta dari se- Eks Karesidenan Besuki. Seni Al Banjari ini merupakan dakwah bil hal (berdakwah dengan kegiatan) dan menjadi sarana untuk mendekatkan anak muda dengan Islam,” ujar Bupati Hendy dalam sambutannya.


Bupati Hendy  menyebut seni Al Banjari sebagai sarana pendekatan kebudayaan atau cultural approach yang sesuai dengan anak muda.

Berdasarkan sejarah, seni Al Banjari menjadi sarana penyebaran Islam yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga.

Iramanya yang menghentak, variatif dan rancak membuat kesenian ini banyak digrandrungi masyarakat. Kesenian banjari juga sering dijadikan sebagai pembukaan kegiatan keagamaan.


Bupati Hendy berharap seni Al Banjari terus lestari selamanya.

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Hendy menyampaikan kepada masyarakat setempat bahwa pada bulan Oktober 2023 mendatang, Pemkab Jember akan menggelar serangkaian kegiatan dalam menyemarakkan Hari Santri.

“Kami akan berkolaborasi dengan Nahdlatul Ulama untuk menyemarakkan Hari Santri. Akan ada berbagai kegiatan nantinya, termasuk salah satunya juga kompetisi Al Banjari,” ujar Bupati Hendy Siswanto. (

Pantauan media festival Al Banjri di ikuti oleh peserta se- Eks Karesidenan Besuki (Jember, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso(LN)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM