Breaking News

57 Desa ,Kelurahan Jember Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Sadar hukum .

 RECORD JATIM.COM

JEMBER,- Pemerintah Kabupaten Jember kembali memperoleh penghargaan . Kali ini penghargaan diberikan oleh Kemenkumham RI berupa "Anubhawa Sasana Desa Sadar Hukum 2023"


Penghargaan tersebut diberikan karena di Kabupaten Jember terdapat 57 Desa dan Kelurahan sadar hukum.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham Prof. Dr. Widodo Eka Tjahjana, SH., M.Hum. kepada Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU. di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin, (2 /10/ 2023.)

“Saya  sangat senang dan mengapresiasi atas banyaknya langkah bapak Bupati Jember beserta seluruh jajaran untuk menuju Jember yang makin sadar hukum,” kata Prof. Widodo Eka Tjahjana dalam sambutannya.


Untul iti pihaknya berharap apa yang sudah dikerjakan oleh 57 Desa 31 kecamatan di Jember  terus ditingkatkan, sampai seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Jember menjadi desa dan kelurahan sadar hukum.


Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas pembinaan hukum yang diberikan selama ini.

“Terima kasih Prof. Widodo beserta jajaran. Saya sebagai penanggung jawab pemerintah  Kabupaten Jember merasa bangga. Penghargaan ini sekaligus menjadi motivasi kami untuk terus lebih baik lagi ke depan,” ujar Bupati Hendy Siswanto .


Lebih lanjut Bupati Hendy mengatakan ,sesuai keinginan dari  Prof. Widodo untuk terus memperbanyak desa dan kelurahan di Jember  sadar hukum siap menjalankan tangangan tersebut.


Oleh sebab itu untuk mewujudkan seluruh desa dan kelurahan di Jember menjadikan warga yang sadar hukum , ia meminta seluruh Camat untuk menggerakkan desa-desa di wilayahnya dan membentuk keluarga sadar hukum (kadarkum) di wilayahnya masing-masing. .

Kades Wirowongso Adi Purnomo 

Pada kesempatan terpisah Adi Purnomo Kades Wirowongso kecamatan Ajung  dijumpai awak media usai menerima pernghargaan dari Menkumham RI, menyampaikan bangga dan terima kasih kepada bapak bupati yang telah membina dan memotivasi  kami,  sehingga desa yang kita pimpin sudah berjalan 3 tahun  menjadikan warga kami desa wirowongso ini telah memahami manfaat dari keluarga sadar hukum ( kadarkum).


Tantangan kedepan tugas saya sebagai kepala desa dengan ditetapkannya desa wirowongso sebagau desa yang sadar hukum . 

"Langkah pertama adalah mengajak / menyadarkan masyarakat  memahami  pentingya kesadaran masyarakat terhadap hukum  lebih lebih terkait perkawinan dini yang kerap terjadi di desa.   upaya yang kita lakukan dengan memberikan sosialisasi melalui pengajian  dan membentuk keluarga sadar hukum."kata Adi Purnomo.


Pihaknya sangat optimis dengan pola pendekatan melalui kegiatan  pengajian atau petemuan dengan perangkat RW,RT dan tokoh masyarakat, tokoh Agama perkawinan usia  dini"insya Allah bisa dicegah,dan dampak stanting bisa turun." Tandasnya.


Di  Desa Wirowongso sendiri untuk anak stanting dari data yang ada tinggal 10 anak.( LN,FIR)




© Copyright 2022 - RECORD JATIM