Breaking News

PDBI JAWA TIMUR KECEWA : Putusan Dewan Juri Dan Dewan Hakim Cabor Drumband BK PON XXI Yogjakarta Tidak Paham SK 04 PB PDBI.

Manager PDBI Jatim Tri Basuki Ajukan Protes Ke Panpel Drumband BK PON XXI 2023.

RECORD JATIM.COM

YOGJAKARTA- Manager Tim Drumband Pengprov PDBI Jawa Timur H.Tri Basuki kecewa  terhadap hasil Protes yang diajukan terhadap hasil penilaian dewan juri yang bertugas pada lomba LBB dan LUG BK PON di Yogjakarta tidak paham aturan perlombaan SK terbaru nomor 04 .PB PDBI ,padahal sangat merugikan peserta.

Pengajuan Protes pertama dilakukan  kontingen PDBI Jawa timur  usai babak final LBB dan LUG pada hari Kamis( 7/9/2023) malam  pukul 20.00 wib secara tertulis , beserta uang jaminan sebesar 10 juta rupiah  yang diserahkan langsung Oleh Tri Basukk selaku manager dan  didampingi Ketua Harian PDBI Jawa Timur Bagus Ramadhan , surat tersebut diterima oleh Noelik  Maryono selaku  inspektur petandingan ( IP) yang merangkap  ketua Panpel BK PON 2023 Yogjakarta.

Manager PDBI Jatim Tri Basuki Menyampaikan Banding ke Dewan Hakim  diterima di depan teras Gedung Among  kamis ( 7/9/2023) malam 

Dari isi Surat Protes diajukan Manager PDBI Jawa timur pada hari kamis ( 7 /9/2023) malam pukul 20.45 diantaranya:
1.Juri pinalti tidak melakukan tugasnya dan tidak melaksanakan SK 04  PB.PDBI pasal 11.2 yaitu. Dua kali belok kanan counter  setelah tiba  di garis sisi B-C yang ditandai bendera pelencang merah dilaksanalan gerakan wajib dua  kali belok kanan counter yang didahului para manandi/a keluar tapak lomba melewati garis B-E dan kemudian masuk kembali garis B -E ( tetap diantara garis A - B dan G E).  

Sesuai SK 04 PB PDBI yang tidak melaksanakan tata gelar tersebut diatas mendapat pinalti 100.  Tetapi dalam kenyataannya dalam menjalankan tugasnya dewan juri mengindahkan SK 04 PB PDBI sebagai acuan  yang diberlakukan untuk lomba Drumband BK PON 2023 di Yogjakarta sebagai tuan rumah.


Tidak berselang  1 jam kemudian Noelik  Maryono selaku ketua panitya dan inspektur perlombaan memberikan jawaban tertulis yang isinya menolak surat pengajuan protes dari  manager tim PDBI Jawa timur .


Salah satu poin surat jawaban dari ketua panitya BK PON XXI dengan berasumsi SK 04 tahun 2023 pasal 7.2 halaman XV bahwa peseta tidak boleh melakukan protes terhadap suatu pelanggaran yang dilakukan oleh peserta lain dalam hal ini tidak akan ditamggapi oleh pihak panitya .

Melihat dari hasil jawaban surat pihak panitya BK PON XXI, tentunya kurang tepat  menurut Tri Basuki  selaku manager PDBI Jawa  timur, padahal  dalam isi suratnya memprotes kinerja dewan juri belum memahami benar aturan SK 04 PB PDBI yang diterapkan pada BK PON XXI di Yogjakarta.

PDBI JAWA TIMUR KECEWA : Putusan Dewan Juri Dan Dewan Hakim Cabor Drumband BK PON XXI Yogjakarta Tidak Paham SK 04 PB PDBI.

ketua dewan Hakim Baju Putih dan Tri Basuki Jersey Coklat dan Bagus Ramadhsn ketua Harian PDBI Jawa timur  menunjukkan bukti Relamanan.

Atas penolakan ketua Panitya Drumband BK PON 2023 ,Tri Basuki didampingi  Bagus Ramadhan Ketua Harian PDBI  Jawa timur merasa kecewa. Langkah selanjutnuya  melayangkan surat banding  ke dewan Hakim BK PON XXI 2023 yang kebetulan satu ruangan di gedung Gor Among ,pada pukul 22.15 Wib ,diterima langsung oleh Eko Widodo ,Tamam Hoesin,Lukman Tirta selaku Dewan Hakim.

Dalam perjalanan pengajuan surat banding ke Dewan  Hakim  menurut Tri Basuki ,bahwa dalam melaksanakan sidang hanya memanggil pihak dewan Juri saja, pihak PDBI jatim selaku penggugat tidak dilibatkan ,kita harus menunggu diluar gedung.

"Seharusnya kalau namanya banding sesuai aturan organisasi  pihak yang mengajukan banding yakni PDBI Jatim  harus di klarifikasi  oleh pihak dewan  hakim dengan menyerahkan bukti  yang dimiliki. Namun hal ini tidak dilaksanakan oleh dewan Hakim , hanya klarifikasi sepihak ke dewan juri  saja." Beber Tri  Basuki.

Lanjut Tri  Basuki mengatakan Hasil putusan  sidang dewan hakim BK PON XXI  Drumbamd 2023 terdiri Eko Widodo ,Tamam Hoesin,Lukman Tirta, telah memutuskan menolak .Anehnya sikap kurang elok dilakukan oleh ketiga dewan Hakim yang betugas di BK PON XXI Drumband di Yogjakarta tersebut juga merangkap sebagai dewan Juri memberikan jawaban melalui pesan whatsapnya pada hari jumat dinihari 8 september 2023 pukul 00.10 Wib.  Bahkan pihak dewan hakim  keluar gedung  Gor Among raga dari pintu lain . padahal Pihak yang mengajukan gugatan nunggu di depan teras gedung tempat Dewan hakim bersidang.

menunggu putusan banding dewan hakim ,nggak taunya dikirim lewat whatshap.kamis dini hari ( 7/9/2023)

Atas sikap dan putusan dewan hakim BK PON XXI drumband 2023 , Tri basuki Manager Drumband PDBI Jatim bersama  Bagus Ramadhan Ketua Harian Pengprov PDBI Jatim belum menerima putusan tersebut secara tertulis dari dewan Hakim .

"Untuk itu kita  mengambil sikap dan langkah ,kejadian  tersebut dilaporkan ke Ketum PDBI Jawa Timur serta Ketua Koni Jawa timur." Pungkasnya.

Sementara  Noelik  Maryono selaku  inspektur petandingan ( IP) yang merangkap  ketua Panpel BK PON 2023 Yogjakarta  dikonfirnasi media ini  terkait protes yang diajukan Manager Drumband  Pengprov PDBI jawa timur yang  bersangkutan menyatakan tidak berkomentar. Begitu juga Dewan hakim BK PON  XXI Cabor Drumband. 2023.

Pada kesempatan yang sama Bagus Ramadhan Ketua Hariam Pengprov PDBK Jawa timur menyatakan kurang puas terhadap layanan diberikan oleh Panitya maupun Dewan hakim BK PON XXI cabor Drumband. Dari kejadian tersebut kita langsung memberikan laporan tertulis kepada ketua Koni Jawa timur dan Ketua umum Pengprov PDBI Jatim .

Sementara hasil pertandingan final hari kamis ( 7/9/2023) LBB dan LUG  yang di ikuti 6 Provinsi  juaranya sebagai berikut:
Lomba Baris Berbaris ( LBB)
1.DIY
2.Jawa timur
3.Jawa barat

Lomba Unjuk gelar ( LUG)
1. Jawa timur
2. DIY
3. Kalimantan tengah.

Berikut Update perolehan medali sementara Cabor Drumband  BK PON XXI 2023 Yogjakarta:

1. DIY     7 emas 1 perak
2. Jawa timur 1 emas 5 perak 2 perunggu
3. Jawa barat 2 perak 4 perunggu
4. Kalteng 3 perunggu
5. Jawa tengah 1 perunggu.(LN)





© Copyright 2022 - RECORD JATIM