Breaking News

Kata Bupati Hendy :Melalui Karnaval Budaya Jember Ayo Kita Cintai Budaya Lokal.

RECORD JAYTIM.COM

JEMBER- Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto ST., IPU., dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman serta Ketua TP PKK Kabupaten Jember Dra. Kasih Fajarini bersama Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Jember Ervita Afdilah Sari membuka dan melepas Karnaval Budaya Jember Nusantara dengan Tema Terus Melaju Untuk Indonesia Maju pada Sabtu (16/9/2023) di UPT Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Jember.


Karnaval Budaya ini digelarsebagai rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia serta melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Jember juga merupakan pengembangan kreatifitas potensi kearifan lokal yang akan berdampak kepada perpaduan ekonomi masyarakat.


"Karnaval Budaya ini sangat penting untuk mencintai kearifan lokal, mencintai budaya, mencintai dan menghirmati para leluhur kita serta yang paling penting adalah sebagai penguat bangsa" tutur Bupati Jember saat wawancara.


Dalam Karnaval kali ini peserta yang berpartisipasi sebanyak 4.000 peserta yang terdiri dari 36 OPD, 32 Kecamatan, instansin BUMN, BUMD, Perbankan, Perguruan Tinggi, Pengusaha dan Rumah Sakit Swasta. Dengan antusias peserta sebanyak itu, ini adalah sebuah bukti bahwa sinergitas dan kolaborasi untuk membangkitkan ekonomi yang ada di Kabupaten Jember.


Bupati Jember bersama Ketua TP PKK Kabupaten Jember dan seluruh Kepala OPD Kabupaten Jember bukan hanya melepas atau menyaksikan karnaval ini tepapi juga ikut berjalan dari UPT Pengelolaan Prasarana Perhubungan LLAJ Jember hingga finish di depan Pendopo Wahyawibawagraha Kabupaten Jember. Tak hanya itu Bupati Jember juga menyapa para warga yang menyaksikan di sepanjang rute karnaval. Besarnya antusiasme masyarakat dalam menyaksikan Karnaval Budaya ini terlihat dari penuhnya jalan sepanjang rute yang dilewati peserta Karnaval.


Beragam kostum dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dipakai para peserta dan banyak juga kesenian yang dibawakan oleh peserta karnaval ini adalah sebagai salah satu hal yang menjadi daya tari masyarakat Kabupaten Jember. Dengan demikian warga jember banyak yang datang melihat dan ini dapat menjadi hal yang positif untuk perputaran ekonomi yang ada di Kabupaten Jember.( LN)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM