Breaking News

Senangnya Bisa Bergabung Paskibraka di Kecamatan Panti.

RECORD JATIM .COM

JEMBER-Gebyar  Menyambut HUT  RI Ke 78 di Kabupaten Jember , seluruh wilayah di 31 kecamatan dan 248 desa berlomba lomba menghias daerahnya  memasang Bendera merah putih dan  umbul umbul warna merah putih  menghiasi di sepanjang jalan desa  maupun kelurahan.

Puncak acara Peringatan HUT RI Ke 78 di Kabupaten Jember ditandai  dengan upacara  bendera yang dilaksanakan baik ditingkat Kabupaten  , kecamatan serta sekolah mulai SD SMP SMA SMKN .

Seperti di kecamatan Panti kabupaten Jember telah merekut siswa siswi dari SMP ,SMA,SMK yang ada diwilayah kecamatan panti sebanyak 70 siswa. sejak hari senin 70 siswa tersebut sudah dilatih PBB oleh Babinsa ,Babinkamtibmas satpol PP dari kecamatan Panti.

mas Agus Hamdan pelatih Paskibraka Kecamatan Panti(jersy kuning) Baju coklat Camat panti Mudiharto selasa ( 1/8/2023)

Murdiharto camat panti kepada media record jatim ,Selasa ( 1/8/ 2023) siang disela memantau latihan para siswa paskibraka  yang akan menjadi petugas pengibar bendera ,upacara bendera HUT RI Ke 78 menjelaskan  , bahwa selama 2 minggu para paskibraka ini menjalani latihan di lapangan panti sejak pukul 07.00 - 13.00 wib. Mereka dilatih oleh TNI,POLRI ,SATPOL PP  dari kecamatan panti.

Selanjutnya 70 siswa paskibraka pada tanggal 16 Agustus 2023 akan dilakukan pengukuhan dengan mengundang  Muspika dan orang tua wali murid, kepala sekolah serta tokoh agama dan tokoh masyarakat bertempat di kantor kecamatan panti

Lebih lanjut Murdiharto mengatakan upaya Muspika kecamatan Panti untuk menanamkan wawasan kebamgsaan  kepada  para pelajar di kecamatan panti kita melakukan road show ke sekolah bersama,Danramil ,Kapolsek, Babinsa Babinkamtibmas,dan satpol PP.

Terkait gebyar Agustusan di kecamatan  panti tahun 2023 masing masing desa sudah memiliki  kegiatan sendiri sendiri baik itu selamatan desa, karnawal, maupun kegiatan olah raga seperti jalan sehat.

"Untuk kegiatan di kecamatan sendiri malam tasyakuran ,pengukuhan paskibraka,dan upacara bendera HUT RI 78 di lapangan panti. Untuk kegiatan karnaval tidak ada ,namun kita nanti ikut yang ditingkat kabupaten masing masing desa kita minta menampilkan ikon masing masing desa.

Sementara Agus salah satu  pelatih dari sarpol PP yang diberi mandat oleh camat Panti  menjelaskan perekutan paskibraka untuk menjadi petugas pengibar bendera pada upacara HUT  RI KE 78 di kecamatan panti  pada awal selekksi di ikuti 3 SMP,9 SMA,SMK . Masing masing sekolah mengirim 10 siswa yang memiliki pengalaman dibidang PBB .seleksinya sehari meliputi baris berbaris.Atitude,dan wawasan kebamgsaan, akhirnya kita tetapkan ada 70 siswa yang lolos seleksi.

"Tanggal 31 Juli 2023 70 siswa paskibraka mendapat  pembekalan dari Muspika  selama sehari di  kecamatan panti. Untuk latihan kita mulai tanggal 1 - 16 Agutus 2023, ada libur jumat dan minggu.

Agus Hamdan menambahkan dari Kecamatan panti ,kita juga merasa bangga dari 3 siswa yang dikirim ikut seleksi paskibraka di tingkat kabupaten ada 1 siswa yang lolos mereka berasal dari SMA Diponegoro. kalau tahun sebelumnya dari Kecamatan panti ada 2. Siswa.

Sementara  Budi salah satu pelajar SMP yang lolos seleksi Paskibraka di kecamatan   mengatakan senang bisa bergabung di Paskibraka dalan rangka upacara HUT RI 78.
Ini menjadi pengalaman amat berharga  bagi saya.tentunya kedepan saya ingin bisa bergabung dengan paskibraka tingkat kabupaten maupun Provinsi bahkan tingkat Nasional"kata Budi.( LN,FIR).






© Copyright 2022 - RECORD JATIM