Breaking News

Mewakili Bupati Jember Asisten 3 Membuka Penyusunan Kajian RPJPD dan RPJMD Jember.

RECORD JATIM COM

JEMBER-Pemkab Jember melalui  Dinas Lingkungan hidup  menyelenggarakan penyusunan kajian  lingkungan Hidup Strategis RPJPD 2025-2045 dan RPJMD 2025-2030.

Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) merupakan dokumen perencanaan daerah untuk periode 20 tahun. Sedangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 tahun. Sosialisasi tersebut digelar di Aula  Dinas Pendidikan Jember   Rabu ( 9/8/2023)

Kegiatan penyusunan kajian  lingkungan Hidup Strategis RPJPD 2025-2045 dan RPJMD 2025-2030,tersebut dilaksaksanakan selama 2 hari , dihadiri oleh seluruh OPD,Camat ,perwakilan Forkopimda serta pegiat lingkungan hidup .

Kadis Lingkungan Hidup Sugiyarto dalam laporannya, menyebutkan tujuan dilaksanakannya kajian lingkungan   hidup yang strategis ini merupakan analisis yang sistematis  dan partispasi untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan yang berkelanjutan telah menjadi dasar yang terintegrasi dalam pembangunan suatu daerah atau wilayah terutama daerah kabupaten Jember.

  “Kegiatan ini bermaksud untuk menyamakan persepsi tentang tahapan serta mekanisme penyusunan dokumen perencanaan”. Sedangkan tujuannya adalah untuk mendukung koordinasi antara pelaku pembangunan dalam pencapaian tujuan pembangunan daeerah 'imbuhnya.

Mewakili Bupati Jember, Asisten 3 bidang Administrasi, Yulianto Widodo  ,  secara resmi membuka kegiatan tersebut,   dalam sambutannya menyampaikan  bahwa  pelaksanaan kajian lingkungan hidup strategis ( KLHS) RPJMD dan RPJPD merupakan  rangkaian  analisis dan sistematis yang menyeluruh untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan yang berkelanjutan menjadi dasar terintegrasi dalam bentuk pembangunan daerah dan bentuk kebijaksanaan rencana dan program untuk memenuhi ketentuan peraturan perundangan undangan yaitu peraturan kemendagri nomor 7 tahun 2018 tentang pelaksanaan dan penguatan  kajian lingkungan hidup strategis dalam penyusunan rencana pembangunan daerah bagi Kabupaten Jember .

"RKLHS ini untuk mengukur kinerja pembangunan berdasarkan indikator pembangunan berkelanjutan."ujarnya.

Lebih lanjut pesan bupati Jember yang disampaikan asisten 3 menyampaikan untuk seluruh OPD ,camat dan stake holder yang hadir pada untuk mengikuti kegiatan ini dengsn  sungguh sungguh ,tim ahli siap memberikan ilmu dan pendampingan .

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan Eko Budi Santoso tim ahli dari ITS Surabaya menyampaikan  kegiatan ini merupakan langkah yang baik sekali bagi kabupaten Jember bagaimana membangun kabupaten jember lebih baik ,berkelanjutan , lebih berkualitas daya saing untuk 25 tahun kedepan.

"Ini sangat berkaitan erat dengan RPJPD dan RJPMD yaitu melalui  kajian lingkungan hidup  strategis"kata Eko Budi   ( LN,FIR).

© Copyright 2022 - RECORD JATIM