Breaking News

Desa Panti Segera Punya Pasar Rakyat Dikelola Bundesma.

Suroso Kades Panti ,Kec.Panti ,saat meninjau budidaya ikan nila manfaatkan sungai yang ada kamis 10 Agustus 2023.

RECORD JATIM.COM
JEMBER-Dibawah kepemimpinan  Suroso purnawirawan Polres Jember saat ini menjabat sebagai Kades Panti, kecamatan  Panti Jember. Hampir 3 tahun  Suroso sebagai kades Panti menjalankan  roda pemerintahan. Banyak perubahan yang telah dinikmati masyarakat Desa Panti,mulai akses jalan semua yang ada di desa wilayah panti sudah di paving maupun di Aspal.
sungai yang dulunya sering digunakan buang sampah warapun sadar sekarang sungai tersebut bersih airnya jernih setelah dimanfaatkan budidaya ikan Nila oleh karang taruna yang dibina oleh Suroso  Kades Panti 

Fasilitas lainnya telah dinikmati warga Desa Panti selain akses jalan sudah bagus , Ada gedung sekolah PAUD , Mushola  yang ada di dalam halaman Kantor Desa Panti.

Inovasi lainnya yang sudah mulai digarap oleh Suroso Kades Panti adalah Pasar Desa panti tempatnya di kawasan tanah PTP tepatnya di depan SMP 1 Panti.

Menurut Kades Panti Suroso kepada media Record Jatim.com mengatakan pendirian pasar desa panti ini , sebagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran di desa setempat. 

"Keberadaan pasar tersebut sangat dibutuhkan oleh warga nengingat selama ini warga untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti sembako ,sayur ,ikan belanjanya ke pasar Rambigundam / rambipuji, untuk Jam operasional pasar kita buka mulai pagi sampai sore hari" Kata Suroso 
Lanjut  Suroso menjelaskan status tanah yang digunakan pasar  milik PTP, jadi pihak desa panti sewa . selain itu juga ada MOU terkait bagi hasil dari pengelolaan pasar yang nantinya dikelola oleh Bumdes Desa Panti  dengan PTP .

Sedangkan keterlibatan karang taruna nanti menurut suroso kita libatkan Untuk pengelolaan lahan parkir. 

Sementara lilik salah seorang pedangang kue yang membuka lapak di dekat lahan yang akan digunakan pasar desa panti menyatakan sangat senang bila di lahan PTP bisa digunakan pasar , tentunya  bisa  mengangkat perekonomian warga desa panti.

"Saya yang baru jualan aneka kue ini  baru 2 bulan harganya rata rata 1000 rupiah dan kue tersebut dibuat oleh warga pant ada  15 orang ,ini terobosan luar biasa dari Bapak kades kita pak Suroso . Mohon kamo juga diakomodir tempatnya nggih pak kades"kata Yuli  yang suaminya merantau kerja Di Bali 

Pantauan Media ditempat lokasi pendirian pasar Panti sudah diratakan tempatnya cukup strategis di jalan utama Desa  Panti . Sebelah selatan polsek Panti .

Inovasi kades Panti bersama Bundesna lainnya dalam rangka meningkatkab pendapatan warganya dab mengurangi angka pengangguran .dalam waktu dekat juga akan membangun desa wisata lahannyav sudah  disiapkan ada 6 ha tinggal pembenahan infra struktur jalan segera  dibenahi.( LN,FIR).

© Copyright 2022 - RECORD JATIM