Breaking News

Untuk Tingkatkan Pendapatan Pajak, Bapenda Jember Menggelar Capacity Buliding .

RECORD JATIM.COM.
JEMBER- Dalam rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Optimalisasi Aplikasi Pajak Daerah J-MBAKO ,Pemerintah Kabupaten Jember melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Jember menggelar Capacity Building bertempat di Balroom Hotel Luminor, Kecamatan Kaliwates, pada Selasa (4/7/2023) pagi.

Kepala Bapenda Jember Hadi Sasmito mengatakan  bahwa kegiatan itu sekaligus menjadi salah satu upaya perbaikan sistem.Lantaran terjadi maintenance pada aplikasi sebelumnya, kami alihkan ke J-MBAKO," paparnya.
Menurut dia, aplikasi J-MBAKO jelas tidak kalah berkualitas. "Hanya saja, para stakeholder masih belum banyak yang memahami terkait dengan penggunaannya," lanjutnya. Banyak yang masih belum familiar dan mengira untuk pembayaran PBB saja. Padahal, masih banyak ruang dan fitur yang bisa dimanfaatkan para notaris atau PPAT.

Oleh karena itu, secara simultan dan berkesinambungan guna meningkatkan kapasitas untuk setiap operator notaris, PPAT, dan operator kecamatan, kegiatan ini perlu dilakukan agar mereka dapat memahami aplikasi J-MBAKO. Lantas, mengapa hal tersebut perlu dilakukan?

"Jika tidak, transaksi berjalan tetapi penerimaan PAD dari sektor BPHTB akan terlambat," paparnya. Jadi, tak sesuai dengan target yang sudah ditetapkan dan disepakati antara eksekutif dan legislatif. Harapannya, hari ini dapat dituntaskan dan selanjutnya pihaknya bakal tetap membuka ruang. "Misal ada kendala terkait dengan aplikasi J-MBAKO," ulasnya.( LN).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM