Breaking News

Melalui Festival JKCI 2023 Selama Sebulan, bisa Memajukan Pariwisata Jember


RECORD JATIM.COM
JEMBER-Festival Jember Kota Cerutu Indonesia (JKCI) kelima tahun 2023 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Acara bergengsi tersebut akan digelar selama sebulan penuh.

Para peserta JKCI dari berbagai negara, tidak hanya diarahkan untuk membeli cerutu berbahan tembakau unggulan Kabupaten Jember, namun mereka juga diarahkan untuk menikmati keindahan  wisata di Jember.
Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST. IPU. Saat jumpa pers dengan awak media di Lantai satu Pendopo wahya wibawagraha menegaskan Festival JKCI ini sudah memiliki hak  paten milik  Kabupaten Jember.

Untuk itu bupati Hendy meminta Festival JKCI terus digelar setiap tahun, serta terus membuat inovasi baru pada penyelenggaraan tiap-tiap tahun ke depan dengan melibatkan UMKM sehingga meningkatkan perekonomian Jember serta bisa meningkatkan kunjungan wisata di Jember.

“ Diselenggarakan JKCI bisa mempertahankan kekuatan yang ada di Kabupaten Jember, khususnya kekuatan tembakau. Tembakau nanti bisa menjadi produk andalan untuk memakmurkan masyarakat Jember,” jelas Bupati Jember Hendy Siswanto dalam pers rilis di Pendopo Wahyawibawagraha, Sabtu 22 Juli 2023.

Lebih lanjut Bupati Hendy Siswanto  menyampaikan Kabupaten Jember sejak dulu sudah dikenal dengan Kota Tembakau berkualitas istimewa. Predikat ini pun digambarkan pada logo Pemkab Jember dengan latar belakang daun tembakau dimana daun tembakau merupakan daun emas bagi masyarakat Jember.
Data dari Balai Pengujian Sertifikasi Barang dan Lembaga Tembakau (BPSMB-LT) Provinsi Jawa Timur, sampai saat ini tembakau Indonesia memasok 37 persen untuk kebutuhan produsen cerutu dunia, dimana 25 persen di antaranya adalah tembakau dari Jember.

Sementara itu, penyelenggara JKCI Febrian Ananta Kahar menjelaskan konsep JKCI  yang ke 5 ini, para calon pembeli cerutu nantinya  juga akan arahkan untuk tobacco trip sambil menikmati destinasi wisata  di Jember. Untuk itu mohon dukungan dari Pemkab Jember.

“Selain bertransaksi cigar, para buyer tersebut juga kami arahkan ke tobacco trip (kunjungan pengenalan tembakau) dan tobacco field trip (kunjungan lahan tembakau). Jadi datang ke jember sambil  melihat bibit, sampai bagaimana menjadi sebuah cerutu,” urainya..( LN,FIR)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM