Breaking News

Koperasi Jangan Fokus Pada Simpan Pinjam ,Tapi Bisa Ke Sektor Riel.


RECORD JATIM.COM
JEMBER-Hari ini usia Koperasi memasuki yang ke 76 diperingati setiap tanggal 14 Juli. Dikabupaten Jember peringatan Hari Koperasi ke 76 ,hari kamis 14 Juli 2023  dengan menggelar acara Tasyakuran  bertempat di Pusat layanan terpadu ( PLUIT) 

Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Bupati Jember KH.MB Firjaun Barlaman ,Ketua TP .PKK Kabupaten Jember Hj Kasih Fajarini, dan wakilnya, Evita Afdilah Sari
 Selain itu Hadir juga dalam kegiatan tersebut,  sejumlah pimpinan OPD, jajaran Muspika Sumbersari, dan sejumlah  Ketua Koperasi di Jember.
Sedangkan tema hari koperasi tahun ini "Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat," Memaknai tema tersebut Bupati Jember Ir. H. Hendy ST.IPU ketika jumpa pers menjelaskan  memperingati hari koperasi ke 76 Bupati Hendy Siswanto menilai ada 3 persoalan yang harus segera dilakukan oleh koperasi yakni :
1. Tujuan  berdirinya  koperasi  benar benar untuk kesejahteraan masyarakat.  Tentunya produk knowledge terutama kepada anggotanya untuk memenuhi  kebutuhan bapokting untuk dibeli amggotanya.

2 Pemkab jember akan  mensuport  ,membantu para koperasi untuk mendapatkan harga  cukup spesial  , sehingga masih ada profitnya didapatkan benefit baik   pengelola koperasi dengan anggotanya . Dan tak kalah penting adalah komitment untuk membeli.

3  Penggiat koperasi harus ada open management keterbukaan dari mulai pengurusnya ,gajinya ,honornya ,SHUnya kita tulis semuanya yang belanja ,kalau itu sudah dilakukan nanti akan trust  kepercayaan antara pengurus dan anggotanya kalau itu terjadi Jember memiliki potensi untuk membesarkannya.

Sementara Sartini Kepala Dinas Koperasi Jember  dikonfirmasi awak media menjelaskan sesuai dengan himbauan dari Menkop  dan UMK  bahwa koperasi harus merubah diri untuk mengembangkan di sektor riel yang mana potensi daerah harus dikembangkan seperti perikanan ,pertanian,peternakan  maupun perkebunan.

 "Jadi kita tegaskan koperasi tidak hanya fokus di simpan pinjam saja tapi sudah mulai mengembangkan ke sektor riel yang harus ditangani oleh koperasi" lanjutnya.

Kemudian terkait open management  koperasi sesuai yang diharap bupati menurut Sartini ,bahwa Koperasi di Jember yang berjumlah 600 koperasi,pihak Diskop  sudah melakukan pembinaan yakni  open management melalui aplikasi yang sudah mulai kembangkan .

"jadi anggota maupun pengurus sewaktu waktu bisa melihat SHU,,Pinjamannya, tinggal klik Aplikasi yang dimiliki koperasi bersangkutan"tutunya( LN,FIR).





 

© Copyright 2022 - RECORD JATIM