Breaking News

Kodim 0824 Bersinergi Dengan RSD .Soebandi .DP 3 AKB ,Melakukan Bhakti Sosial MOW Dan MOP.


RECORD JATIM.COM
JEMBER - Kegiatan TMMD ke  117 dilaksanakan Kodim 0824 Jember selain pembangunan  fisik juga ada non Fisik . Salah satunya pemasangan kontrasepsi MOW dan MOP gratis untuk masyarakat Jember. menggandeng RSD. dr. Soebandi, Dinkes serta DP3AKB Jember, Kodim 0824 Jember melaksanakan bakti sosial.

Bakti sosial ini merupakan salah satu wujud sasaran non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 117.

Kontrasepsi MOW atau Metode Operasi Wanita (tubektumi) merupakan metode kontrasepsi mantap yang bersifat sukarela bagi seorang wanita bila tidak ingin hamil lagi dengan cara mengoklusi tuba falupii (mengikat dan memotong atau memasang cincin), sehingga sperma tidak dapat bertemu dengan ovum.
Sedangkan kontrasepsi MOP atau Metode Operasi Pria (vasektumi) merupakan metode kontrasepsi untuk lelaki yang tidak ingin punya anak lagi, sama halnya dengan MOW perlu prosedur bedah untuk melakukan vasektomi sehingga diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan lainnya untuk memastikan apakah seseorang calon aseptor sesuai menggunakan metode ini.

Bakti sosial ini diikuti oleh 231 orang dari 31 Kecamatan yang lolos skrining, terdiri dari 220 MOW dan 11 MOP.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyatakan bersyukur banyak warganya tertarik dalam program Keluarga Berencana dengan memasang kontrasepsi MOW dan MOP ini.

Bakti sosial ini sekaligus menjadi upaya pengendalian populasi penduduk Indonesia.

“Semakin banyak semakin bagus yang berminat untuk memasang kontrasepsi MOW dan MOP, kalau perlu kita lakukan terbesar se-Indonesia,” ujar Bupati Hendy.

Selain itu Bupati juga bertet berterima kasih kepada TNI yang selama ini denga  setia melayani masyarakat Jember dalam  membantu menyukseskan setiap program Pemkab Jember.

Hendy Siswanto menegaskan, kemajuan Jember dapat dicapai apabila seluruh pihak yang berada di Jember bergotong royong dalam bergerak memberdayakan semua potensi yang ada di Jember(LN,FIR).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM