Breaking News

KKN Kolaboratif 2 ITS Mandala Jember Terjunkan 219 Mahasiswa.

RECORD JATIM.COM

JEMBER- Program KKN kolaboratif kesatu yang di inisiasi pemkab  Jember dengan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di  Jawa timur  sudah dirasakan hasilnya oleh rakyat Jember,hal tersebut disampaikan Bupati Jember Ir H.Hendy Siswanto,ST.IPU saat menyampaikan sambutan pada pelepasan 3500 mahasiswa yang melaksanakan KKN kolaboratif 2 di Kabupaten Jember ,senin( 17/7/2023) pagi  di Alun Alun Jember.

Pada kesempatan tersebut Bupati Hendy juga mengapresiasi KKN kolaboratif ke 2 tahun 2023 jumlah mahasiswa maupun perguruan tinggi juga semakin bertambah  tercatat ada 3500 mahasiswa, 178 pembimbing dari 18 perguruan tinggi sejatim.

"Tahun depan kita harapkan bisa 5000 mahasiswa ,karena kehadiran KKN kolaboratif pertama tahun 2022 sudah dirasakan manfaatnya oleh warga Jember yang saat itu ketempatan, Dan sekarang giliran desa / kelurahan yang lain "pinta Bupati Hendy Siswanto.

Rektor ITS Mandala Jember Dr Suwignyo Widagdo,SE,MM,MP

Sementara Rektor Institut Teknologi dan Sains Mandala Jember Dr.Suwignyo Widagdo ,SE,MM,MP ketika dikonfirmasi media record jatim.com diruang kerjanya ,senin( 17/7/2023) siang  menjelaskan ,bahwa gagasan pemerintahan  bupati Jember Hendy Siwanto dan Wabup. KH.MB.Firjaun Barlaman   melaksanakan program KKN kolaboratif bersinergi dengan perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Jatim  hari ini  sudah memasuki tahun kedua hendaknya terus berkelanjutan.

Suwignyo menjelaskan ITS mandala Jember sendiri untuk KKN tahun ini mengirim 219 Mahasiswa jumlah tersebut lebih banyak dari tahun sebelumnya, kamipun siap bersinergi dengan Pemkab Jember tidak terbatas pada KKN Kolaboratif saja.

mahasis ITS mandala ,Unej,Unmuh  Jember Didampingi Pembimbing siap berangkat menuju kecamatan Tempurejo untuk KKN kolaboratif.

" ITS Mandala Jember siap menerjunkan lebih dari 1000 mahasiswa bila Pemkab Jember memang lagi membutuhkan bantuan mahasiswa  untuk membantu  mempercepat persoalan yang dialami di Jember . Seperti AKI AKB ,UMKM,Stanting,,kemiskinan ekstrim ,buta aksara. Disaat perkuliahan libur kami bisa menggerakkan mahasiswa sebanyak mungkin  karena untuk Jumlah mahasiswa di PTS ,sehingga kami bisa memobilisasi hingga 50.000 lebih mahasiswa "ujar Suwignyo yang juga menjabat sebagai wakil ketua asosiasi PTS se indonesia .

Menyikapi KKN kolaboratif  Pemkab Jember yang bersinergi  dengan perguruan tinggi  baik negeri dan swasta , dari perguruan tinggi ITS Mandala Jember  menilai kolaborasi ini sangat positip.

"Mahasiswa kami yang  diterjunkan di KKN kolaboratif  tidak mengarah ke fisik, tapi lebih mengutamakan program institusi kita yakni pemberdayaan ekonomi kerakyatan .Jadi mahasiswa kami memiliki tugas tanggung jawab untuk membuat  profile usaha menengah kecil di masing masing desa yang ditempati KKN "lanjutnya.

Sedangkan program kerjasama lainnya bisa kita laksanakan menurut Rektor ITS mandala Jember adalah  siap memberikan tempat bagi Karyawan Pemkab Jember untuk menempuh study S1 ,maupun S 2.

Pelaksanaan KKN kolaboratif yang di ikuti 3500 mahsiswa di kabupaten Jember ini berlangsung sejak tanggal 17 Juli sd 27 Agustus 2023.( LN,FIR).



.
.

© Copyright 2022 - RECORD JATIM