Breaking News

337 Siswa Baru SMPN 1 Jember Mengikuti MPLS.

RECORD JATIM.COM

JEMBER-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Sangat  diperlukan dalam rangka penerimaan peserta didik baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Hari ini senin 17 Juli 2023 merupakan awal kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru 2023/ 2024, bagi siswa SD,SMP.SMA,SMK.

Dengan berpedoman  pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkugan Sekolah Bagi peserta didik  Baru.
Serta Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Seperti disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMPN 1 Jember Suliyastiningsih mengatakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Pelaksanaan MPLS bagi peserta didik baru dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17,18 dan 20 Juli 2023.  Sedangkan bentuk kegiata yang kita berikan ke siswa baru dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang aman dan nyaman  untuk  beradaptasi peserta didik baru dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya,
antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara elajar efektif sebagai peserta didik baru.

Lebih lanjut Suryatingsih menjelaskan pada kegiatan MPLS  tersebut juga kita berikan pengenalan  Materi kurikulum merdeka ,
Profil pelajar  pancasila , wawasan wiyata mandala ,demo 10  ekstra kurikuler . "10 kegiatan ekstrakurikuler kita  berikan kebebasan kepada peserta didik baru untuk melihat bakat minat siswa potensi dirinya di apa."jelasnya.

Selain itu juga ada kegiatan Pramuka wajjb  untuk siswa dan tak kalah penting adalah   pendidikan karakter itu amat penting ditanamkan bagi siswa baru.  Sehimgga kita harapkan siswa harus  memahami  etika yang baik , pintar boleh  tetapi kalau hanya mengandalkan kepintaran tanpa berpelikau etika yanh baik sulit untuk menuju keberhasilan

Dia menambahkan pemahaman  kurikulum merdeka ini  guru memberikan pelayanan pembelajaran  kepada siswa sesuai potensi yang diminati siswa.( LN,FIR).




© Copyright 2022 - RECORD JATIM