Breaking News

Wabup Jember KH.Firjaun Barlaman Meresmikan Museum dan Perpustakaan Letkol dr. R.M. Soebandi


RECORD JATIM.COM
JEMBER - Mengenal jejak kepahlawanan dokter pejuang tentunya tak akan ada pernah habisnya. Salah satu diantaranya adalah Letkol dr. R.M Soebandi, sosok pejuang di bidang kedokteran yang kiprahnya sangat bermanfaat khususnya bagi generasi penerus bangsa.

Atas jasa dr. Soebandi yang membela negara dari Belanda tersebut mendapat apresiasi dari Pemkab Jember dengan mengusulkan nama dr. Soebandi sebagai salah satu tokoh nasional. 
Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Jember, KH. MB Firjaun Barlaman saat peresmian museum dan perpustakaan Letkol dr. R.M Soebandi pada Selasa, (27/6/2023) di Universitas dr. Soebandi. 
Sosok dr. Soebandi sangatlah berjasa khususnya bagi Kabupaten Jember. Ia meninggalkan seorang istri, Rr. Soekesi, dan tiga orang putri, Widyasmani, Widyastuti, dan Widorini. Sebagai bentuk penghargaan atas jasanya, namanya diabadikan menjadi nama Rumah Sakit Daerah Jember, nama jalan, serta nama perguruan tinggi. 

dr. Widorini selaku anak ketiga dari dr. Soebandi mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan, khususnya kepada Bupati Jember beserta jajarannya yang terus membantu sehingga museum Letkol dr. R.M Soebandi ini bisa diresmikan. 

Lanjutnya, dalam menciptakan museum ini berawal dari gagasan keluarga yang didukung oleh lembaga Universitas dr. Soebandi. Adapun koleksi museum sebagian besar milik Widyastuti dan dr. Widorini, yang kemudian dihibahkan kepada Universitas dr. Soebandi. 

“Tujuan dari mengibahkan hampir semua peninggalan dari almarhum ayah saya yakni agar barang-barang peninggalan tersebut bisa dijadikan pelajaran sejarah perjuangan bagi generasi mendatang. Dokter Soebandi sudah meninggal sekian puluh tahun lalu tetapi semangat dan cita-citanya harus tetap bersemayam abadi pada generasi penerusnya,” ungkap dr. Widorini. 

Sementara itu, Wabup Jember Gus Firjaun berharap dengan peresmian perpustakaan dan museum ini bisa menjadi inspirasi dan bukti sejarah bagi kawula muda untuk bisa meneruskan dan memperjuangkan semangat dari dr. Soebandi. 

“dr. Soebandi memiliki 3 putri yang tangguh. Dengan dibukanya perpustakaan dan museum ini semoga menjadi amal jariyah bagi beliau dan membuka cakrawala perjuangan serta semangat yang membara khususnya di kawula muda,” tutur Gus Firjaun. 

Gus Firjaun juga menjelaskan, Pemkab Jember telah mengusulkan tiga tokoh sejarah dari Jember menjadi pahlawan Nasional. Yang saat ini sudah diproses di Tingkat Provinsi. Ketiga calon pahlawan Nasional tersebut yakni Letkol Muhammad Sroedji, dr. R.M Soebandi dan KH. Achmad Shiddiq.( LN,kominfo).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM