Breaking News

Wabup Gus Firjaun Berharap Stunting Di Jember di Akhir Tahun 2023 Bisa Turun 20 Persen

RECORD JATIM.COM
JEMBER - Wakil Bupati Jember KH.MB Firjaun ,sebagai ketua tim percepatan penanganan stunting membuka rapat koordinasi tim percepatan penanganan stunting ,bertempat di Aula Diknas Pendidikan Jember pada hari kamis ( 22/6/2023) .

Kegiatan yang di inisiasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dihadiri oleh 16 OPD yang turut andil untuk menangani percepatan stunting di kabupaten Jember yang  dibuka secara langsug oleh Wabup Jember  KH.MB.Firjaun Barlaman.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember, Drs. Suprihandoko, MM menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai wujud pelaksanaan  dalam percepatan penurunan angka stunting. 

“Tujuan dari pertemuan ini sebagai media komunikasi strategi dalam penurunan stunting, menyusun rencana kerja antar OPD dan juga menyatukan komitmen bersama dalam penanganan stunting,” ungkap Suprihandoko. 

Sementara itu, Wakil Bupati Jember, KH.MB.Firjaun Barlaman dalam arahannya  pada kegiatan rakor tersebut berpesan agar seluruh OPD bersatu padu dalam menurunkan stunting.

 “Target prevalensi stunting bisa turun di angka 14 persen. Syukur-syukur di tahun 2023 ini bisa 20 persen,” kata  Wabup. Gus Firjaun .

Dengan menunjukkan semangat kebersamaan, diharapkan tidak ada kasus new zero stunting di Kabupaten Jember. Tak hanya itu, tiap OPD berperan untuk mensinergikan program unggulannya dalam upaya percepatan penurunan stunting. 

“Semua yang terlibat diharapkan bisa memahami dan komunikatif terkait tugas dan langkah yang harus dijalankan. 
Dengan memahami tugas per-OPD, menjadikan jumlah perhitungan angka sunting dari tingkat kabupaten, provinsi dan pusat sama. Dan juga kebijakan yang diambil dari TPPS agar Jember bisa zero new stunting,” lanjutnya. 

Dalam rakor tersebut juga dijelaskan mengenai lima pilar strategi pencapaian sasaran dan target percepatan penurunan stunting. Kelima pilar rersebut adalah ; peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan ; peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat ; peningkatan ketahanan pangan dan gizi  pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat ; serta penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi.( LN,kominfo)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM