Breaking News

Catat Ya : Linkrafin Jember Tampil Di Jakarta Dan Korea "Keuren Amat"


RECORD JATIM.COM.
JEMBER- Komunitas Musik asal Jember Jawa Timur, Lingkar Kreatif Independen (Linkrafin)  terpilih menjadi juara 1 dan juara favorit pada lomba Karya Musik Anak Komunitas (KAMU AKU) Kita Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), belum lama ini.

Dengan prestasi tersebut Linkrafin mendapat penghargaan untuk tampil lagi  di jakarta pada 10 Juni 2023. setelah itu linkrafin juga mendapat undangan dari keduataan RI di Seoul Korea untuk  tampl di negeri ginseng tersebut.

Kesempatan yang sangat berharga bagi Para pelaku seni asal jember , tergabung di Linkrafin ini ada 23 seniman mereka bakal manggung di jakarta maupun korea , paling tidak bisa membawa nama Jember lebih dikenal lagi melalui pentas seni tersebut yang akan dipentaskan tanggal 14 Juni 2023 di sindogu.

Pantauan media para seniman linkrafin menuju ibu kota Jakarta memggunakan kereta Api Pandhalungan berangkat dari Jember hari kamis sore 8 Juni 2023 pukul 15.00 Wib. 
Manager Linkrafin  Boby Rahardian saat ditemui awak media di Stasiun kereta Api Jember mengatakan "Alhamdulillah" kita sangat senang  mendapat penghargaan  diundang oleh kemenparekraf RI untuk tampil di Galeri Indonesia Kaya jakarta pada Sabtu 10 Juni 2023.

"Yang lebih gembira lagi warga jember yang di jakarta kurang lebih 150 orang siap menyambut dan menyaksikan penampilan linkrafin  yang merupakan hasil karya seni arek Jember yang memadukan seni tradsional dan Modern"kata Boby Rahardian.

Selanjutnya dia katakan usai tampil di jakarta ,linkrafin juga diundang ke KBRI di Seoul  tanggal 14 Juni 2023  tepatnya di Dego Korea selatan.
Boby  Rahardian menambahkan dengan tampilnya linkrafin di seoul ini ttentunya sebagai ajang pertama kali bagi para seniman Jember menampilkan sebuah karya seni  Jember World Music ,sebagaj bentuk penggabungan  musik tradisional dengan modern.

Lebih lanjut Boby Rahardian menegaskan esensi dari perpaduan seni tradisional budaya yang ada di indonesia dengan seni modern seperti yang di inginkan oleh Bapak Bupati Hendy Siswanto,

 "Bagaimana teman teman seniman bisa memperkenalkan Jember lewat linkrafin" . kemudian linkrafin ini mengenalkan Jember melalui musik digital dan bisanya kami di music  sehingga kamk memperkenalkannya melalui produk music." pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama salah satu seniman yang ikut bergabung di linkrafin untuk tampil di jakarta seoul  adalah Jamhari 57 tahun warga kebonsari Kecamatan sumbersari kepada media recordjatim.com menyampaikan sangat  senang  bisa membawa seni macopat tampil bersama linkrafin di Jakarta dan korea. 

"Rasanya kayak sebuah mimpi begitu says diberitahu oleh manager Linkrafin diajak tampil fi Jakarta dan seoul untuk membawakan  seni macopat .kita ketahui untuk seni macopat merupakan salah satu karya asli budaya  jawa  perlu dilestarikan .Tetapi untuk regenerasi  para seniman muda untuk belajar Macopat belum ada penerusnya"Lanjutnya.

Untuk diketahui prestasi yang diraih oleh linkrafin Jember  pada festival budaya yang diselenggarakan oleh kemenperakref RI tanggal 24 Mei 2023 berhasil menyingkirkan  5 finalis yang terpilih dan tampil pada malam final tersebut, di antaranya Kreasi Anak Paser dari Paser Kalimantan Timur, Walk On Water dari Nias Sumatera Utara, Cendrawasih Team dari Papua, Musisi Kulon Progo dari Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta dan Linkrafin dari Jember Jawa Timur.

Pada malam final tetsebut linkrafin yang menamplkan Perpaduan komposisi Jawa dan Madura yang merupakan suku masyarakat Jember dengan sentuhan beberapa etnik lainnya seperti sapek dari suku Dayak, suling dari suku Sunda dan diperkaya dengan piano klasik, ada juga sinden dan ngijung berhasil memukau seluruh juri, juri kehormatan dan Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno memberikan standing applause kepada Linkrafin. 
Linkrafin terpilih menjadi juara 1 dan juara favorit pada lomba Karya Musik Anak Komunitas (KAMU AKU)( LN,AF).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM