Breaking News

Bupati Hendy: Ajak warganya Amalkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari


RECORD JATIM.COM
JEMBER– Pemerintah Kabupaten Jember menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 di Alun-alun Jember pada Kamis (1/6/2023) pagi.

 Hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya   jajaran Forum Komunikasi Daerah Kabupaten Jember, sejumlah pimpinan( Forkopimda) Organisasi Perangkat Daerah Jember ( OPD), dan para camat. 

Sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo, Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., mengajak seluruh pihak untuk membumikan Pancasila. 
“Bukan hanya untuk dibaca, namun dimaknai untuk kehidupan sehari-hari,” paparnya. Belum lagi, Pancasila sudah merangkum seluruh keyakinan kita semua. Mulai keberagaman suku, budaya, dan agama yang dimaknai dalam lima sila tersebut.

Kewajiban kita mulai dulu, sampai sekarang, hingga di kemudian hari , masih sama. Kita harus tetap mempertahankan keutuhan Pancasilla. 

“Bagaimana caranya? Kita teruskan terhadap prilaku sehari-hari. Bagaimana kita bisa meningkatkan kinerja kita dengan menjiwai makna Pancasila,” ulasnya. Salah satu contohnya adalah sila kesatu dan kedua.

“Kita amalkan dua sila itu saja, Insya Allah sudah selamat dunia-akhirat,” tegasnya. Pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Jika pada muslim, itu dapat diartikan sebagai Hablumminallah atau hubungan manusia dengan Tuhannya. Kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, bisa diartikan Hablumminannas alias hubungan dengan sesama manusia.

“Dua sila itu diterapkan sudah luar biasa, apalagi jika kelima sila dilaksanakan. Jelas akan lebih luar biasa,” katanya. Karena itu, semangat Pancasila harus terus dikobarkan. Lalu, diteruskan untuk anak-cucu kita masing-masing. Selanjutnya, terus diulang.

 “Terus diulang-ulang dan jangan pernah bosan,” lanjutnya.

Sama halnya dengan tagline Peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini. Yaitu, gotong royong untuk mencapai peradaban dan pertumbuhan global.

 “Untuk itu, kita perlu menjaga peradaban serta pertumbuhan global. Perlu ada kolaborasi dari seluruh masyarakat Indonesia,” tandasnya.(Sbr. Kominfo)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM