Breaking News

Peringati Hari Buruh Internasional Pemkab Jember Menggelar Kegiatan Halal Bihalal .

RECORD JATIM.COM

JEMBER,Tanggal 1 Mei 2023 diperingati Hari Buruh Internasional atau yang disebut May Day. Peringatan Hari Buruh juga ditetapkan sebagai hari libur nasional.

Hari ini diperingati di seluruh dunia untuk menghormati perjuangan pekerja dalam mendapatkan hak-hak yang adil dan perlindungan kerja yang layak.
Di Kabupaten Jember  memperingati Hari Buruh internasional ( May day) yang diperingati 1 Mei 2023 di isi dengan  kegiatan Halal Bihalal .

Kegiatan yang di inisiasi Disnaker Pemkab Jember ini  bersinergi dengan sejumlah OPD dalam rangka  memperingati hari buruh internasional( May Day) melalui  kegiatan  Halal bihalal dengan tema "Merajut Kebersamaan Mencapai kebahagiaan di hari yang Fitri”.

Kegiatan Halal Bihalal yang di digelar di Aula PB Sudirman  tersebut dihadiri oleh Wabup Jember KH.MB Firjaun Barlaman,Pj.Sekda Jember ,Dandim 0824 ,Kapolres Jember dan para kepala  OPD  Pemkab Jember .  Sementara dari perwakilan buruh yang hadir ada Sarbumusi,Serikat pekerja pekerbunan,SPSI, Asosiasi pengusaha indonesia ( Apindo) dan BPJS Tenaga kerja.

Pada kesempatan tersebut BPJS ketenaga kerjaan Jember memberikan santunan kepada 2 Ahli waris Buruh yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati KH.MB.Firjaun Barlaman kepada yang berhak menerima.

Ketua DPC Sarbumusi Jember Umar  Faruk dalam sambutannya menyampaikan bahwa di kabupaten  jember ini ada sekitar 200.000 buruh ,tetapi dari jumlah tersebut hanya 25 persen yang menerima gaji upah UMK .

" Sedangkan sisanya pengusaha di Jember belum sepenuhnya memberikan gaji kepada buruh sesuai  UMK yang sudah disetujui oleh Gubernur jawa  timur."ujar Umar Faruk.

Oleh sebab itu umar Faruk pada kesempatan Halal bihalal ini  berharap para pengusaha untuk bisa mewujudkan kesejahteraan bagi buruh sesuai UMK  yang berlaku di Jember.

Sementara Wakil Bupati Jember KH.MB.Firjaun Barlaman, dijumpai awak media menjelaskan  momentum hari buruh tahun ini memang penting kita lakukan untuk mempererat hubungan antara pemerintah ,pengusaha dan  pekerja. Dengan melalui halal bihalal ini sebagai upaya untuk mengharmoisasi .

"Seperti Hak hak buruh dalam ajaran islam diajarkan sebelum keringat pekerja itu kering  maka wajjb mereka untuk mendapatkan upah yang wajib di berikan oleh pengusaha ditempat dia bekerja"kata wabup Jember yang akrab dipanggil Gus Firjaun .

Selanjutnya Wabup Jember menyebutkan masih banyak persoalan buruh di Jember ini belum menerima haknya secara penuh sesuai ketentuan yang berlaku.

Oleh sebab itu mudah mudahan apa yang jadi kelalaian dan kekurangan serta kelemahan kita alami ini semoga diampuni oleh Allah SWT.
Kemudian yang kedua para pengusaha harus bisa menjalankan pemberian upah kepada buruh sesuai UMK.

"Tanpa buruh maka pengusaha tidak ada apa apanya. Begitu juga tanpa pengusaha  perekonomian suatu daerah tidak akan berkembang .sehingga kita perlu bersinergi dan berkolaborasi baik antara pemerintah , Pengusaha maupun buruh , karena sangat berdampak pada perputaran perekonomian."pungkasnya.
Pada kesempatan yang sama kadisnaker Jember Bambang Rudianto menyampaikan Tema Halal BI Halal ini “Merajut Kebersamaan Mencapai kebahagiaan di hari yang Fitri”.

Maksud dan Tujuan menurut Bambang Rudianto untuk menciptakan rasa Harmonis antara Pekerja dengan Pengusaha yang tidak saling di Rugikan.Simbiosis Mutualisme.Dimana Pihak Perusahaan Butuh Karyawan sebaliknya Karyawan Butuh pekerjaan.(LN,AF).

© Copyright 2022 - RECORD JATIM