Breaking News

Kirab Watu Ulo Pegon (WATON) 2023 Menjadi Tradisi Budaya Warga Sumberejo Ambulu.

Kirab watu ulo Pegon Diarak dari Desa Sumberejo menuju Pantai Watu Ulo Minggu 7 Mei 2023.

RECORD JATIM.COM
JEMBER, Cuaca panas tak menyulutkan semangat ribuan warga untuk dari berbagai desa hadir di Pantai Watu Ulo pada Minggu (7/5/2023) siang. Kedatangan mereka berduyun-duyun datang ke kawasan Watu ulo untuk menyaksikan pagelaran Watu Ulo Pegon alias WATON.

Hadir pada acara tersebut  sejumlah pimpinan OPD, Asisten Administrasi Umum Pemkab Jember Widodo Julianto mewakili Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., membuka festival tersebut.
asisten Administrasi Pemkab Jember Widodo Yulianto lagi nyerahkan Bantuan 

 "Hari ini, kita sengaja hadir untuk bersama-sama menyaksikan WATON yang merupakan warisan leluhur yang diperingati setiap tahun sekali " jelasnya

Perlu diketahui  bersama, bahwa pegon merupakan transportasi barang tradisional yang nyaris tergerus modernisasi.

 "Sejarah adanya Festival Pegon berangkat dari tradisi yang digelar pada 1989," tuturnya. Tepatnya, digelar pada hari ketujuh Hari Raya Idul Fitri atau pada saat Kupatan.

Pada saat itu, orang-orang dengan menaiki pegon berjalan berarak-arakan menuju pantai. Sambil lalu, menikmati pantai dengan memakan berbagai hidangan ketupat. 

"Festival ini hanya bisa dinikmati setahun sekali," tegasnya. Untuk itu, perlu benar benar dilestarikan. Tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, yakni menjadi tanggung jawab kita bersama.

Widodo berharap melalui kegiatan WATON ini, masyarakat juga menampilkan kesenian yang dapat diteruskan ke generasi-generasi berikutnya. Selain itu, adanya kegiatan budaya ini  dapat menarik minat wisatawan hadir di Jember. LN,AF)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM