Breaking News

Inflasi Di Jember Tetap Terkendali Di 0,21 Pada Bulan April 2023


RECORD JATIM.COM.
JEMBER,Ketersedian pangan bidang pertanian  dan perikanan harus tetap menjadi perhatian OPD  agar inflasi tetap terkendali hal tersebut disampaikan kepala BPS Jember  Tri  Ervandi saat diminta oleh Bupati Jember untuk melaporkan kondisi Inflasi yang terjadi di Jember pada Bulan April  2023 dihadapan Tim Pengendali inflasi daerah  (TPID ) pada hari Rabu 10 Mei 2023.

Pertemuan TPID yang berlangsung setiap Hari rabu tersebut Bank Mandiri menjadi kebagian tempat untuk  pertemuan tersebut .
Kepala BPS Jember Tri Ervandi memaparkan kondisi inflasi bulan April ini ada penurunan bila dibanding bulan Maret 2023 ada di posisi 0,39 ,untuk bulan April  inflasi di Jember berada di posisi 0,21 .

Penurunan inflasi di Jember pada bulan April ini   penurunan ini terjaga dengan baik , kalau ada  kolaborasi dan sinergisitas dari OPD .yang sudah ditangani dengan baik ini harus tetap terjaga.

Instansi teknis ini menurut Tri Ervandi untuk tetap mewaspadai ketersediaan 10  komoditas dipasar harus cukup. 

"Dari 10 komoditas yang mengalami kenaikan pada periode awal mei pada minggu pertama antara lain Beras ada kenaikannya fluktuatif ,kemudian ikan tongkol meski harganya murah namun demand cukup tinggi,bawang merah dan bawang putih ,kelapa juga mengalami kenaikan."papar Tri Ervandi 

Nah untuk menjaga kestabilan laju inflasi di Jember 10 komoditas yang selama ini menjadi kebutuhan masyarakat harus tetap ada di pasar.

Sementara Wabup KH.MB  Firjaun Barlaman kepada awak media mengatakan  kegembiraannya dari hasil laporan dari BPS Jember untuk bulan April di posisi 0,21 .ini harus kita jaga dengan baik .

"sebab dengan kondisi inflasi terkendali kebutuhan bahab pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat juga tidak akan naik sehingga daya beli masyarakat juga tinggi dengan harga yang stabil."kata Wakil Bupati Jember.

Ia berpesan kepada seluruh OPD dan instansi terkait agar laji inflasi yang terjadi di Jember ini bisa dipertahankan dengan kegiatan tang konkrit.

seperti dalam kaidah dalam  Fiqih menyebutkan "mempertahankan yang baik dan mengusulkan hal hal yang baru yang baik." Maksudnya usaha yang terbaik mampu mengendalikan inflasi agar tetap dipertahakan dengan melakukan sejumlah terobosan sehingga inflasi di Jember tetap terkendali" pungkas Wabup Gus Firjaun yang akrab dipanggil.( LN,AF)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM