Breaking News

Dandim 0824 Ingin Wujudkan Jember Menjadi Lumbung Pangan Dunia ,HKTI Tanam Varitas M70 D.


RECORD JATIM.COM
JEMBER,Komandan Kodim 0824 Jember Letkol. Inf. Rahmat Cahyo Dinarso  bertekad ingin menjadikan  Jember sebagai lumbung pangan Padi sedunia ,hal tersebut dikatakan oleh Dandim 0824 ketika melakukan kunjungan kerja di Desa Sukorjo kecamatan Bangsal sari rabu 17 Mei 2023 dalam kegiatan tanan padi pertama varietas unggul M 70 D pada lahan seluas 2 ha.

Kegiatan yang di inisiasi okeh HKTI Jember yang diketuai Ahmad Sholeh  berkolaborasi dengan Kades Bangsalsari  H.Nucholis ,Dandim 0824 JemberLetkol. Inf. Rahmat Cahyo Dinarso menyampaikan saya sangat merespon sekali kalau bicara pertanian. "Tadi  dalam rapat bersama Tim TPID ada pembahasan soal beras jember yang banyak dijual di luar Jember ,sedangkan di Jember banyak beredar beras dari luar "ini tidak boleh terjadi.
Oleh karena itu saya sangat apresiasi adanya kegiatan hari ini HKTI Jember dengan melibatkan Gapoktan dalam penanaman padi perdana varietas M 70 D  ini saya berharap untuk diperluas lagi tidak hanya di sukorjo ini saja kalau bisa seluruh wilayah kabupaten Jember . 

"Karena adanya sinergi dan kolaborasi  baik dengan polres jember ,Gapoktan ,Dinas pertanian maupun HKTI  pada kegiatan tanam padi perdana varietas unggul ini  "Insya Allah Jember menjadi centra lumbung pangan sedunia " harapannya 

Sementara Kades Bangsalsari H.Nurcholis mengatakan terima kasih kegiatan tanam padi perdana varietas unggul M70 D yang di tanam di lahan seluas 2 ha di desa sukorjo ,"Alhamdulillah ini merupakan proyek percontohan  untuk penanaman perdana padi M 70 D. Setelah saya melihat penanaman di Wuluhan ."

Oleh sebab kami mengundang perwakilan dari kelompok tani untuk melihat secara langsung ,karena infonya vaerietas M 70 D  umurnya 85 hari jadi lebih cepat dari varietas padi yang lainnya 110 baru panen.

H.Nurcholis juga mengutarakan terima kasih atas kehadiran bapak Dandim dan Kaloksek Bangsalaari yang ikut secara langsung  menanam padi.

Selanjutnya Ahmad Soleh ketua HKTI Jember menyampaikan padi yang kita tanam jenis varietas M 70 D ini umurnya hingga masa panen 85 hari ,jadi lebih cepat dan produksinya 1 ha bisa panen 9,2 ton lumayan besar .

 Sedangkan layanan yang cukup menggembirakan bagi petani yang mau menanam padi M 70 D bibitnya dibantu dan akan didampingi oleh PPL dari M70D  hingga panen dan perusahaan penyedia bibit M 70 D akan membeli hasil panennya dengan harga 5700 sd 5900 ribu rupiah / kg.( LN ,AF).




© Copyright 2022 - RECORD JATIM