Breaking News

Bupati Hendy Siswanto Melouncing Geber UMKM Beranjak.

louncing Geber UMKM Di KPwBI Jember rabu 10 Mei 2023.

RECORD JATIM.COM
JEMBER,
Sinergi dan kolaborasi harus terus digalakkan dalam upaya  meningkatkan perekonomian masyarakat. hubungan  UMKM dan pengembangan sektor pariwisata harus berkolaborasi bareng dengan  UMKM sehinhga dapat mendukung sektor pariwisata dalam hal layanan dan produk kepada wisatawan. 

Sedangkan sektor pariwisata dapat menyediakan dan memberikan lebih banyak calon pembeli bagi para UMKM di daerah sekitar wisata tersebut. 

Selain itu sektor pariwisata juga dapat meningkatkan peluang bisnis untuk para pembisnis lokal serta masyarakat maupun menyediakan tempat refresing bagi masyarakat baik lokal maupun mancanegara. oleh karena itu, pengembangan sektor pariwisata dan pertumbuhan UMKM saling terkait karena kegiatan mereka saling berkaitan.

Untuk itulah dalam rangka meningkatkan perekonomian di Jember ,Lumajang dan Bondowoso pada hari Rabu 10 Mei 2023 KPwBI Jember melouncing "Geber UMKM" gerakan UMKM beranjak bertempat di GSG KPwBI jember  jalan Gajah mada 24 Jember .

Hadir pada acara tersebut Bupati Jember H.Hendy Siswanto,Kepala Taman Nasional Meru Betiri Nuryadi  ,Pj Sekda Jember Arief Tyahyono,Kadis Kominfo Bobby Arie Sandy,Kadis Pariwisata Harry Agus Triono ,Kadis Koperasi Sartini, Kepala Bank Jatim ,Bank Mandiri ,Bank BNI 46 ,BRI. Turut hadir juga Perwakilan UMKM dan  Pokdarwis.
Bupati Hendy Siswanto usai melouncing Geber UMKM kepada awak media menyampaikan  terima kasih kepads  Bank Indonesia Jember telah men inisiasi  untuk  mensuport  memajukan UMKM dan pariwisata yang ada di Jember ,harus betul betul untuk dimaknai melalui kerja kolaborasi.

Selain itu saya sangat bahagia kenapa meru Betiri diangkat untuk mempromosikan Taman Nasional Meru Betiri dan melibatkan UMKM .

"Disinilah  peran pemkab Jember hadir dengan membantu pengaspalan jalan sepanjang 6 km dari total 16 Km , termasuk Listrik penerangan lampu juga akan terpasang."jelasnya.

Bupati Hendy Siswanto berharap sebagai taman wisata Nasional Meru Betiri bisa menjadi wisata edukatif. karena disana ada bunga raflesia, madu yang kualitasnya sangat bagus  ,jamur juga ada , inilah  harus dijaga oleh warga setempat akan kelestariannya ,termauk  pelaku UMKM disana bisa memanfatkan hasil bumi yang ada disana 
Sementara KPwBI Jember Yukon Alfrinaldo yang baru menjabat kepala bank indonesia Jember sejak tahun 2022 banyak inovatif yang sudah dilakukan terutama dalam hal pembinaan UMKM. Kepada awak media  menjelaskan salah satu poin penting untuk mendukung pertumbuhan ekonomi adalah kesejahteraan masyarakat. Caranya kita perlu terus  mendukung kegiatan ekonomi masyarakat perlu ditumbuhkan melalui pelatihan buat UMKM .

"Go digital Dengan memanfaatkan kemajuan digitalisasi  sekarang dan go exspor  banyak pembinaan UMKM kita sudah  banyak menggunakan Go digital dan Goe exspor salah satunya kopi dan yang lainnya.

Masih menurut Yukon Alfredo kegiatan geber UMKM ini sudah kita mulai sejak tahun 2022 dan ditahun ini dengan terbukanya kegiatan masyarakat  untuk menumbuhkan perekonomian UMKM kita gabungkan dengan Wisata salah satunya kegiatan wisata Meru betiri. 

"Secara umum pariwisata itu sekarang menjadi nomor satu ,sudah  banyak negara maju  pariwisata itu sumber utama pendapatan utama Oleh sebab itu kami berharap Kabupaten Jember termasuk 5 kabupaten di wilayah kerja kita lebih serius ,berkolaborasi dengan UMKM nya , makanya kita pilih Meru Betiri sebagai kawasan Nasional. 

Hal ini sesuai MOU yang dilakukan Pemkab Jember  dengan Taman Nasional Meru Betiri  belum lama ini. Pihaknya sangat optimis dengan adanya paket wisata dan keterlibatan porkdarwis serta UMK pertumbuhan ekonomi akan  meningkat serta kesejahteraan masyarakat juga meningkat bahkan bisa menambah PAD Pemkab setempat"pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Marjuki  pelaku UMKM yang menproduksi Manik manik dari Ledok ombo mengatakan peran Bank Indonesia Jember terhadap usaha kita yang sudah berpuluh tahun ini kita tekuni, Sangat membantu ,baik itu dalam pemberian pelatihan ,terus Setiap ada kegiatan Pameran juga dilibatkan .
Termasuk mempromosikan produk Manik manik yang kita buat bahan bakunya merupakan peninggalan kerajaan majapahit hanya ada di Ledok Ombo dan banyak dicari karena kualitas.

Kamipun sebagai owner sangat berterima kasih baik kepada Disperindag Jember  maupun kepada  perwakilan Bank Indonesia  , atas bimibingan nya produk Manik manik dari Ledokombo sudah mampu exsporte ke Manca Negara seperti Thailad ,Cina dan singapura .

Selanjutnya Farida pelaku UMKM asal Rambipuji yang memproduksi Avan coklat sejak tahu  2016 . Untuk Peran Bank Indonesia sangat membantu  kami baik memberikan pelatihan , terus setiap ada pameran juga dilibatkan termasuk pemasarannya. 

"Produk Avan Coklat memproduksi 15 macam aneka makanan yang berbahan kbaku coklat "kata Farida

Hal senada juga disampaikan oleh Resti UMKM  yang bergerak dibidang usaha mirasti Batik asal  desa Tegalsari Ambulu yang memproduksi Batik khas Jember dengan  corak Daun Tembakau membuka usahanya sejak tahun 2016

Selanjutnya Resti memaparkan peran Bank indonesia Jember terhadap Pengrajin batik di Ambulu tergabung bareng Aspa,Bank Indonesia  sangat betul membantu kami , baik itu pelatihan, bantuan beasiswa  ,termasuk kalau ada pameran selalu membawa binaanya  Begitu  juga hal pemasarannya Bank Indonesia Jember juga memiliki peran yang sangat urgen membantu pemasaran Batik .

"Untuk  pelatihan kita diajak ke Yogja dan  ke pulau Madura "ujarnya

Dia jelaskan Pengrajin Batik asal.Ambulu  yang tergabung di Aspa  ini berdiri sejak 2011 dan memiliki tenaga kerja ada 18 pekerja. Untuk itu adanya kolaborasi UMKM sangat penting sepertI di acara gebyar UMKM  dilaksanakan Bank Indonesia Jember. LN,AF)

 


© Copyright 2022 - RECORD JATIM