Breaking News

Beras Produk Jember Banyak di kirim ke luar Jember Kata Bupati Hendy cukup disayangkan .


RECORD JATIM.COM
JEMBER,Tim pengendali inflasi ( TPID) Jember kembali menggelar pertemuan yang berlangsung di Kodim 0824 Jember hari rabu 17 Mei 2023.
Diawali dengan kegiatan olah raga ada bulu tangkis,Tenes Meja .selanjutnya pada pukul 08.00 wib dilanjutkan rapat pembahasan perkembangan inflasi yang terjadi di Jember yang dipimpin langsung ketua TPID Bupati Jember Hendy Siswanto.
Bupati menyampaikan perkembangan terkait Bapokting khususnya beras  yang merupakan hasil dari pertanian di Jember ,ada laporan dari warga wirowongso bahwa beras Jember banyak dikirim keluar daerah Jember.

"Hal ini tentunya sangat disayangkan ,sedangkan beras yang ada di pssaran di Jember beras dari luar Jember ,padahal kualitas beras Jember sangat baik dan infonya beras dari Jember dijual di luar daerah harganya laku mahal." Beber bupati Hendy.

Melihat kondisi tersebut bupati Hendy telah memerintahkan ke OPD Terkait untuk melakukan pendekatan ke pengusaha yang menjual beras Jember ke luar daerah.

Sementara kepala BPS Jember Tri Erwandi melaporkan untuk inflasi di Jember pada bulan Mei minggu kedua tahun 2023 ada di posisi 2,05 persen . 
Selain itu ada sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan  seperti beras mencapai 3,8 persen ,kemudian cat ,tembok, ikan tongkol, bawang merah dan putih .
Sedangkan yang mengalami penurunan cabai merah cabe rawit per kg harganya 25 ribu rupiah. selanjutnya ikan air tawar,Nila ,gurame ,lele mengalami penurunan.

Pada kesempatan yang sama Kadis Perdagangan dan perindustrian Jember Bambang Saputro menyampaikan untuk menekan laju inflasi di Jember supaya tetap rendah kita tetap melaksanakan operasi pasar murah dengan bersinergi,berkolaborasi bareng Bulog Jember  dan PT Rajawali Nucindo serta peternak Ayam  Ras.

"Pasar murah yang kita jual setip hari senin sd rabu , Untuk telur ayam ras harga 29.000/ kg  di pasar tradisional 30.000/ kg  .kenaikan untuk bulan mei ini cukup tinggi bila dibanding puasa dan lebarab harganya 26.000/ kg. Pemicunya bisa saja terjadi karena bulan ini pemerintah menggelontor program bantuan pangan  untuk warga  berupa beras  dan telur ."beber Bambang saputra.

Kenaikan telur ayam di jember karena dampak program pemerintah adanya bantuan pangan dimana telurnya didatangkan oleh vendornya dari Blitar . Padahal peternam ayam ras di Jember cukup banyak, kalau diberi kepercayaan  telur ayam ras ambil di pengusaha di Jember pihaknya optimis harganya bisa klsaran 25.000 / kg.

Selain itu kenaikan telur ayam ras dan Daging ayam pemicunya karena faktor  suplay makanan juga mengalami kenaikan ( LN,AF)






© Copyright 2022 - RECORD JATIM