Breaking News

Bupati Hendy Mengunjungi kebun Klengkeng Jemsu Milik Sujari Di Semboro.


RECORD JATIM.COM
JEMBER,Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto, ST., IPU., bersama dengan tim verifikasi dan peninjauan lapangan usulan tanda kehormatan satyalancana pembangunan wirakarya bidang pertanian berkunjung di salah satu lahan pertanian klengkeng di Desa/Kecamatan Semboro pada Rabu (12/4/2023) siang.

Sujari, petani klengkeng, tampak semringah saat kebunnya dikunjungi Bupati Hendy siang itu. Tak berselang lama, dia mulai menunjukkan hasil kebunnya. "Mari Pak Bupati, silahkan dilihat. Klengkeng Jemsu milik kami sudah berbuah lebat. Buahnya lebih besar dan lebih manis daripada klengkeng biasanya,," tuturnya.
 Bupati Hendy kepada awak media mengungkapkan kebanggaannya. "Terbukti, Klngkeng Jemsu ini sudah bisa bersaing dengan klengkeng di Thailand. Baik ukuran, harga, dan rasanya," tegas bupati.
 
 Ke depan, pemkab Jember juga bakal mengembangkan Klengkeng Jemsu dengan menyiapkan sejumlah lahan untuk penanaman klengkeng itu.

"Ini merupakan salah satu produk nyata. Harapan kami, Jemsu bisa ditanam untuk satu rumah satu Jemsu," paparnya. Kalau terjadi, hal itu akan mendongkrak perekonomian Pemerintah Kabupaten Jember, khususnya masyarakat Jember.

Masih menurut  Bupati
 Hendy  mengungkapkan keunggulan lain. Yakni, panen Jemsu bisa diatur.
 
 "Ada teknologi dari Dr. Teguh, ada satu formulasi yang dipakai melalui pupuk cair. Jadi,  bisa mengatur pertumbuhan termasuk panennya," ulasnya. Bahkan, sebanyak 2 - 3 panen dalam setahun.

Terkait pemenuhan bibit satu rumah satu Jemsu, bupati bakal terus memantau perkembangan Klengkeng Jemsu yang ada di sejumlah titik seperti Semboro dan Jombang.

 "Ada 300 komunitas, nanti kita ambil sebagian untuk disebarkan lagi," katanya  Untuk menyebarkan bibit, tentunya tidak bisa setahun atau dua tahun. "Mungkin sampai 5 tahun ke depan kita harus tetap konsisten, kita kembangkan terus. Pelan, tapi pasti," tandasnya.( LN,AF)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM