Breaking News

KPwBI Jember Siapkan Rp1.640.000.000.000 untuk Penukaran Uang Jelang Lebaran.

RECORD JATIM.COM.JEMBER.

Jelang lebaran masyarakat biasanya berbondong bondong menukar uang recehan ,mulai seribu,dua ribu,lima ribu,sepuluh ribu,dua puluh ribu rupiah .

Tradisi untuk menukarkan uang menyambut lebaran sudah berjalan puluhan tahun .
Pada tahun 2023  KPwBI Jember mencatat kebutuhan masyarakat akan kebutuhan uang menjelang lebaran di wilayah tapal kuda sebesar Rp1.182.041.000.000

Sementara itu, KPwBI Jember menyiapkan uang rupiah sebesar Rp1.640.000.000.000 untuk memenuhi permintaan masyarakat selama periode lebaran tahun 2023,pernyataan tersebut disampaikan oleh Yukon Alfredo Kepala KPwBI Jember ketika memberikan sambutan pada Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri di Roxy Mall Jember, sabtu 25 Maret 2023.

Yukon Alfredo menegaskan ketersediaan uang yang siap edar untuk memenhuhi kebutuhan masyarakat ,di Jember,Lumajang,Situbondo ,Bondowoso dan Banyuwangi sudah melebihi permintaan dari Masyarakat .

"Hari ini masyarakat bisa menukarkan uang ,dilayani oleh perbankan di Jember seperti BCA,BRI,Mandiri Taspen.Bank Jatim bisa dilakukan di Roxy Mall  hingga hari minggu 26 Maret 2023." Kata Yukon Alfredo Kepala KPw BI Jember.

Selanjutnya pada tanggal 1 - 3 April 2023 masyarakat bisa menukarkan uang ke  perbankan yang kita tunjuk akan membuka pelayanan  Dira Balung

Selain itu masyarakat yang ingin menukarkan uang bisa menggunakan Aplikasi "pintar.bi.go.id Pintar " klik saja tinggal isi form Nama sesuai KTP dan maksimal transaksi per orang Tiga juta delapan ratus ribu rupiah . Setelah itu tunjukkan Form yang sudah di isi ke petugas Bank yang dituju .

Yukon Alfredo menambahkan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang akan menukarkan uang ,kita sudah menyiapkan 71 tempat kas keliling bersama atau ke kantor  perbankan di wilayah kerja kita .

Pada kesempatan yang sama  wabup Jember Kh..MB Firjaun Barlaman saat jumpa pers menyampaikan terima kasih kepada perwakilan  Bank Indonesia di Jember yang telah menyiapkan layanan penukaran uang pecahan kecil  kepada masyarakat menjelang lebaran.

"Ini sangat membantu kepada masyarakat yang memiliki budaya dan kebiasaan menjelang lebaran ini kemudian memberikan sodaqoh ke sanak famili atau tetangga dsb.
Karena dengan bentuk uang baru, walaupun nilainya sama  tapi uangnya baru ada kesenangan sendiri . Ujar Gus Firjaun.

Ini isangat dentik dengan mereka melalui bulan puasa telah membersihkan diri ini juga menjadi jiwa baru. "Simbul ini kita berharap menimbullkan masyarakat akan rasa cinta akan rupiah ,memahami dan mengerti rupiah adalah simbul negara dan semakin cinta terhadap rupiah.",pungkasnya

Sebelum acara kick off semarak rupiah  Romadhon dan berkah Idul Fitri diawali dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang diserahkan langsung oleh Wabup Jember Gus Firjaun didampingi oleh KPwBI Jember Yukon Alfredo serta Kabulog Jember Ahmad Mustari.

Kemudian Wabup Jember Gus Wirjaun bersama Kepala KPwBI Jember melakukan penukaran uang pecahan  senilai tiga juta delapan ratus ribu rupiah melalui aplikasi "Pintar"(LN).

  

© Copyright 2022 - RECORD JATIM