Breaking News

Bupati Hendy Siswanto Hadir Di Acara Cangkrukan Bareng Menpolhukam


 RECORD JATIM.COM.JEMBER,
 Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajaran Forkopimda Jember menghadiri acara cangkrukan bareng Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, yang berlangsung di Surabaya, Selasa 28 Februari 2023.

Cangkrukan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh masyarakat suku jawa, yang berarti duduk bareng sambil ngobrol santai.
Gubernur  Jatim serahkan  bantuan untuk anak yatim.

Cangkrukan bareng Menkopolhukam bertajuk ‘Tertib di Tahun Politik Menuju Indonesia Maju’ itu dihadiri sejumlah tokoh nasional di antaranya Ketum Gusdurian Alissa Wahid, Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Supardi, Mendagri M. Tito Karnavian, serta tokoh agama se-Jawa Timur.

Mahfud MD menjelaskan  pemerintah mempersiapkan Pemilihan Umum 2024 dengan bersungguh-sungguh. Mahfud pun menegaskan tidak ada perpanjangan periode jabatan presiden maupun penundaan pemilu.

“Pemilu akan dilaksanakan sesuai dengan kalender konstitusi. Lima tahun sekali. Tidak ada perpanjangan, tidak ada penundaan,” ujar Mahfud.

Selain itu, Mahfud menjelaskan  bahwa selalu terjadi kecurangan pemilu pada era Reformasi. Namun yang membedakan kecurangan pemilu pada era Orde Baru dengan era Reformasi adalah pelaku kecurangan.

“Kalau era Orde Baru, itu kecurangan dilakukan pemerintah. Sekarang, curangnya antara peserta pemilu. Partai A mencurangi partai B, di tempat lain partai B mencurangi partai C,” ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Oleh karena itu, Mahfud memandang perlu untuk menjadikan pemilu lebih tertib guna mencegah berbagai gangguan yang dapat menghambat terlaksananya pemilu.

Baik pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan masyarakat harus menjadi lebih tertib.

“Nah, yang sekarang ini rebutan tidak karu-karuan. Tidak tertib. Itu yang harus kita tertibkan ke depan karena reformasi ini sudah bagus hasilnya. Bagusnya bagaimana? Sekarang kita bisa memilih orang sendiri, mencalonkan orang (menjadi presiden) sekarang boleh,” ujar Mahfud  Mahfud MD.( LN,AF).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM