Breaking News

4 komoditas Mengalami Kenaikan Beras,Tomat,Pisang ,Bawang Putih di Bulan Maret 2023.

Bupati Hendy Siswanto Memimpin Rapat Bareng TIM TPID Rabu 15 Maret 2023 .

RECORD JATIM.COM.JEMBER.
Menjelang Ramadhan harga Bapokting biasanya mengalami kenaikan. Untuk antisipasi ketersediaan ,melonjaknya sejumlah komoditas di Jember ,Tim TPID Jember  dipimpin Bupati Jember Hendy Siswanto menggelar rapat ( Pertemuan ) di Lantai 2 Bank Indonesia Jember hari rabu ( 15/03/2023).

Hadir pada rapat TPID ,wakil Bupati Jember,Jajaran Forkopimda, kepala Bank Indonesia Jember, kepala Statistik ,Ka.Bulog ,sejumlah Kepala OPD, diantaranya Dinsos,DInas perindustrian dan perdagangan , Bappeda ,Kabag Hukum,Bapenda Jember.
Sebelum memimpin rapat  TPID,  Forkopimda melaksanakan olah raga main tennis meja .
Duet pasangan  Bupati Jember Hendy Siswanto yang berpasangan dengan Wabup Jember MB.Firjaun Barlaman sukses mengalahkan pasangan Kapolres Jember/ wakapolres  dengan skor 2-1.

Sementara dalam sambutannya Bupati Hendy Siswanto mengatakan kondisi inflasi di Jember belum ada perubahan  . Oleh sebab itiu pihaknya mengajak Tim TPID keseriusan semua, lebih altif lagi aktif lagi memonitoring pergerakan harga komoditas di Jember,termasuk panen raya menjelang Puasa dan lebaran.
Makanya kita lakukan pertemuan setiap hari rabu dengan berpindah tempat.
"Seperti bulan Maret  2023  ini petani di Jember mulai panen raya , namun ada problem sedikit terkait harga gabah minimal 5000 rupiah / kg sedangkan harga patokan tertinggi dari pemerintah 5700 rupiah/ kg .

 Sedangkan harga dilapangan masih ditemui harga pembelian gabah 4200 rupiah/ kg, tentunya belum bisa memenuhi keinginan petani .
 
keinginan kita jangan sampai gabah itu ditimbun sehingga dampaknya akan semakin  turun harganya akan menjadi ptoblem kita dikemudian hari.
 untuk itu kami mohon pihak Bulog Jember bisa membeli gabah dari petani Jember dengan harga sesuai patokan dari pemerintah, sehingga petani bisa merasakan hasilnya 

Kepala perwakilan wilayah Bank Indonesia Jember Yuqon Afrinaldo menjelaskan Bank indonesia Jember siap memfasilitasi  untuk distributor Bawang merah di Jember bisa ambil di petani bawang merah binaan kami seperti di Probolinggo bisa juga di Brebes .

"Jadi di Jember ini perlu dibentuk off taker / BUMD untuk  membeli di Brebes."

Selain itu Bank Indonesia siap memberikan   subsidi atau ongkos angkut untuk pelaksanaan  operasi pasar jelang ramadhan khususnya untuk binaan kami.

Kepala BPS Jember  Arif Joko Sutejo kepada awak media menyampaikan bagian upaya pemerintah daerah untuk menekan inflasi  menjelang ramadhan ,bisa kita infokan ada kenaikan sejumlah komoditas ,seperti beras meskipun ada kenaikan namun kenaikan tidak terlalu tinggi ,karena panen raya para petani di Jember yang akan terjadi mulai bulan Maret tidak serentak .

 Begitu juga tomat,,bawang putih  juga ada kenaikan . Bahkan pisang juga mengalami kenaikan penyebabnya mungkin jelang puasa ini banyak warga yang punya hajatan.

Sedangkan Tepung ,telur ,terigu gula  belum ada kenaikan. Jadi kit terus berupaya untuk melakukan pemantauan hingga 10 hari kedepan khususnya komoditas yang bobotnya tinggi.( LN,AF).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM