Breaking News

HUT KE 73 PDGI Jawa timur Menggelar kegiatan Baksos Di Jember.


RECORD JATIM.CPM.JEMBER,
Memperingati HUT persatuan dokter gigi indinesia( PDGI) Jawa timur ke 73  menggelar  Bhakti  Sosial tahun ini yang dipilih  di Alon alon kabupaten Jember ,minggu 26 Pebruari 2023.

Ribuan peserta sekolah dasar dari 4 sekoah dasar di wilayah kecamatan kota meliputi Patrang,Sumbersari,Kaliwates dan pakusari Kabupaten Jember.

Acara  bakti sosial HUT PDGI ke 74 di Jember, diantaranya pembagian sembako untuk ibu hamil dan menyusui serta untul anak yatim . Setelah itu 
senam massal,sikat gigi serentak yang benar diikuti siswa-siswi sekolah dasar, serta operasi bibir sumbing, dan bazar UMKM.

Bupati Jember Hendy Siswanto dalam sambutannya menyampaikan  gelaran bakti sosial dilakukan oleh PDGI  Jawa timur
Sangat spesial , karena pada hari ini tepat 2 tahun ia bersama Gus Firjaun memimpin Kabupaten Jember. Dan Baksos ini merupakan hadiah istimewa untuk kami berdua.
“untuk kedepan kita berharap persatuan dr kulit ,persatuan dr ahli penyakit jantung bisa mengadakan hal serupa seperti persatuan dokter gigi pemkab Jember siap memberikan fasilitas , baksos PDGI Jatim "kata Bupati Hendy Siswanto.

Yang tak kalah penting dari kegiatan Baksos PDGI jawa timut Selain itu, ini juga memiliki misi untuk menurunkan stunting di Indonesia.

Lanjut Bupati Hendy menyampaikan upaya untuk menurunkan stunting, gizi buruk, mencegah AKI-AKB memerlukan partisipasi seluruh pihak, salah satunya PDGI yang telah ambil bagian dalam misi ini.

“Terima kasih kepada Ketua PDGI Jawa Timur, drg. Sumartono yang telah menginisiasi baksos ini di Jember,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua PDGI pengurus wilayah Jawa Timur drg. Sumartono menyampaikan, pihaknya memutuskan memilih Jember sebagai tempat baksos dalam rangka memeriahkan HUT ke 73 PDGI.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar Kementerian Kesehatan RI tahun 2018 menyebutkan, 57,6 persen penduduk Indonesia memiliki problem kesehatan gigi dan mulut. Dari jumlah tersebut angka penderita karies gigi dan penyakit periodental merupakan sepuluh besar keluhan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia. Jika problema kesehatan gigi dan mulut tersebut menimpa Balita maka penyerapan gizi pun bakal terganggu yang bisa mengakibatkan stunting.

“Tahun ini bakti sosial PDGI Pengwil Jatim dipusatkan di Jember, bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan RSGMP Universitas Jember, Biddokes Polda Jatim, PT. Pertamina dan pihak lainnya. 

Ia menegaskan Kegiatan di Jember ini istimewa karena kami melakukan kegiatan promotif, preventif hingga kuratif sekaligus. Selain sikat gigi massal kami menggelar layanan kesehatan gigi dan mulut gratis, hingga operasi bibir sumbing di RSGMP Universitas Jembe. (LN,AF)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM