Breaking News

Bupati Hendy Mentargetkan Pemutahiran Data Pemilu 2024 Tembus 95 Persen


RECORD JATIM.COM.JEMBER. 
Bupati Jember H.Hendy Siswanto bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember  menggelar Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilu 2024 dan Penandatanganan Kerjasama Layanan Adminduk di Lingkup Tugas KPU yanh dihadiri seluruh camat ,Lurah dan Kades pada Rabu (15/2/2024) siang di Aula PB Sudirman.

 Bupati Jember Hendy Siswanto kepada awak media  menyampaikan keberhasilan  suatu pemilu adalah adanya data yang valid  pemilih yang memiliki hak pilih . Namun demikian data terus bergerak setiap hari. 
 Oleh sebab itu, keberhasilan kevalidan data bergantung  pada proses validasinya. 
 “ Hal ini tentunya, tidak mungkin dilakukan KPU atau pemkab sendiri,” lanjutnya.

Menurut bupati, untuk menyukseskan hal tersebut, perlu ada campur tangan seluruh pihak, mulai camat, kades, lurah, RT, dan RW.

 “Misalakan , data pendatang baru, pindah, atau data kematian,”  paling banyak,  update data kematian yang paling susah. Menurut bupati, banyak orang yang lebih memilih untuk menunda dan mengurusnya di kemudian hari.
Oleh karena itu, bupati sangat berharap seluruh pihak untuk aktif. “Baik camat, kades, maupun lurah perlu melakukan verifikasi setiap minggu,” katanya.

Lebih lanjut, pihaknya juga bakal menggelar sosialisasi secara rutin. Misalnya, dengan membuka gerai KPU dan Bawaslu pada setiap event yang diadakan di setiap desa atau kecamatan di Kabupaten Jember. “Akan kami mulai bulan depan, yakni sosialisasi terkait dengan pemilu,” ujarnya.

Bupati Hendy menargetkan pada pemilu 2024 capaian kemutakhiran data dapat tercapai di atas 95 persen.

 “Nanti kades yang berhasil memenuhi target 95 persen akan kami berikan reward ” ucapnya.

Sementara itu, bupati juga berharap pada Pesta Demokrasi 2024 bisa diwarnai dengan kebahagiaan.

 “Jadi, tak melulu soal kampanye, melainkan dikemas supaya dapat mengungkit perekonomian Jember,” paparnya. Dengan demikian, dapat menekan inflasi, stunting, maupun kemiskinan 

Hadir dalam kegiatan itu, di antaranya Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember Arief Tyahyono, Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Isnaini Dwi Susanti, pimpinan OPD( LN,AF)
© Copyright 2022 - RECORD JATIM