Breaking News

Stop Buang Air Besar sembarangan Jadikan Kabupaten Jember Bebas ODF.

Tim dari Unair berikan Sosialisasi ODF kepada 9 Kecamatan ,muspika ,Tokoh Masyarakat tempat Pendopo Kec .Rambipuji  kamis ( 26/01/2023)

RECORD JATIM.COM.JEMBER.
Pada hari Kamis ( 26/01/2023) pagi bertempat di Pendopo Kecamatan Rambipuji  Pemkab Jember menjalin kerjasama dengan Unicef dan Universitas Airlanggga Surabaya melaksanakan Sosialisasi terkait ODF (open defecation free). Ada 9 kecamatan yang  hadir mengikuti sosialisai yang diinisiasi oleh Universitas Airlangga surabaya 9 kecamatan tersebut  diantaranya Rambipuji,Ajung,Balung,Ambulu,Wuluhan,Puger ,Mumbulsari ,Tempurejo,dan Jemggawah .

Nila selaku perwakilan  dari Unair mengatakan kegiatan sosialisasi ODF ini dilakukan serentak 31 kecamatan di Jember tim ini terdiri dari tim Unicef dan Unair, melakukan MOU dengan pemerintah kabupaten Jember untuk menuju Jember ODF (Open Defecation Free) atau buang air besar sembarangan. 
Selain itu kita melibatkan Juga  dari dinas kesehatan Jember memberikan masukan dan motivasi kepada seluruh jajaran Muspika, fatayat,tokoh  masyarakat agar bisa menyamakan persepsi dalam menjaga hidup sehat dengan tidak BAB disembarang tempat.

Selain itu  membuang tinja ke saluran air juga tidak dibenarkan karena berdampak pada kesehatan masyarakat. Dia berharap kepada Camat ,dengan melibatkan Muspika bisa menindak lanjuti hasil Sosialisasi ini.

“Kami hadir di Jember untuk  memberikan informasi atas program yang sudah dilakukannya sejak tahun 2019 yakni tahun 2024 ODF di Harus tuntas oleh sebab itu Stop Buang Air Besar Sembarangan mulai saat ini.” Jelasnya.

Sementara Bupati Jember Hendy Siswanto dikonfirmasi media record jatim saat menghadiri acara pencanangan bulan penimbangan dan pemberian vitamin A pada Balita di Diskes  hari Jumat( 27/01/2023) menegaskan target Pemkab Jember harus bebas dari ODF ( Buang air besar sembarangan ) di tahun 2024 kita semua harus berkolaborasi ,sinergi semua stake holder mulai dinas kesehatan ,Camat ,Lurah ,Kades,RT dan RW untuk bersatu menyampaikan sosialisasi ke warganya untuk BAB jangan sembarang tempat gunakan Jamban .

" karena menjaga kesehatan dan sanitasi lingkungan sangat penting bagi kesehatan  tubuh kita.untuk itu mulai saat ini tinggalkan BAB di sungai ,pergunakan Jamban 'pinta Bupati Hendy Siswanto.( LN,AF).
© Copyright 2022 - RECORD JATIM