Breaking News

Peran Orang Tua Dibalik kesuksesan Atlit Tennis Jember Asal Desa Kamal sukses Mengharumkan Jember.

atas Khofifah ( jersey kuning) bawah Jersey Biru Ainun Nadar.

RECORD JATIM.COM.JEMBER:
Orang tua memiliki tanggung jawab tidak hanya dalam bentuk kecukupan materi, namun juga bertanggung jawab dalam membangun interaksi secara langsung dengan anaknya dan pemberian rasa cinta kasih sayang.

 Prestasi dapat diraih secara maksimal dengan mengupayakan usaha yang maksimal dan terus-menerus. Karena prestasi tidak dapat diperoleh dengan tiba-tiba, perlu adanya proses pembelajaran atau latihan yang rutin. 
 
Bagi atlet, prestasi dapat dicapai dengan dukungan beberapa aspek yaitu aspek teknik dan taktik di lapangan, aspek fisik dan kematangan mental. Kematangan mental ini dapat diperoleh dari dukungan sosial yaitu dukungan dari orang tua, pelatih dan teman-teman.
jersey Merah (tengah) Khalishah Kusdiyanah

Seperti yang  dilakukan oleh Khofifah indar Paraswati Atlit Tennis Putri Jember asal Desa Kamal Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember dua kali ikut Porprov Jatim mewakili Jember sukses merebut 2 medali emas lewat ganda putri dan  Beregu putri di tahun 2019 di Tuban.. selanjutnya mempersembahkan 1 medali emas pada ganda beregu putri Porprov jatim 2022 di Jember dan medali perak di Ganda Mic serta medali Perak pada nomor tunggal  putri.

Perlu diketahui perjalanan Khofifah Indar Paraswati  menggeluti olah raga tennis sejak kelas 1 SD . Kebetulan kedua orang tua Khofifah yakni sang ayah Kusnadi dan Bunda Nova Lisa Sri Tanjung   punya hoby olah raga tennis meskipun tinggalnya di desa tepatnya
 Desa Kamal kecamatan Arjasa kabupaten Jember dari pusat kota jember sekitar 12 km.

Seminggu 3 kali kedua orang tuanya dengan rasa cinta kasih sayang  mengantar khofifah untuk berlatih di club Harteg  di kawasan kecamatan Kaliwates.
Seiring perjalanan waktu Khofifah tumbuh pesat untuk mengikutii berbagai kejuaraan yang ada di jawa timur maupun jawa tengah sejak duduk di bangku SMP. 

Bahkan keinginan  kedua orang tua Kusnadi dan Nova Lisa Sri Tanjung ,untuk putri sulungnya tersebut juga di ikutkan kursus di club tennis di club Andi Kentong Kabupaten Sukoharjo Jawa tengah kurang lebih 4 bulan . Dipilihnya Club Tennis Andi Kentong karena club tersebut sering melahirkan Atlit Tennis di level Nasional.

Prestasi pernah dicapai Khofifah Indar Paraswati pernah masuk TDP di Usia Ku 16 tahun menduduki peringkat 2.

Berikut sederet prestasi pernah dicapai  Khofifah Indar Paraswati diantaranya:
1 Emas beregu putri Porprov Jatim 2019.
1 Emas beregu putri Porprov Jatim 2022.
1 Emas tunggal Putri Di Popwil NTB 2019.
1 Perak tunggal putri Porprov Jatim 2022
1 Perunggu ganda putri Porprov Jatim 2022.
1 Perunggu ganda  Mic Porprov Jatim 2022.

Kini Khofifah yang akrab dipanggil Ovi saat ini menempuh kuliah di Unej Jember ,sejak tahun 2021,di terima di Unej melalui jalur prestasi olah raga yakni tennis Lapangan. Bahkan Ovi juga terpilih untuk mewakili Jawa timur pada kejuaraan POMNAS 2022.

Perjalanan sang kakak menggeluti olah raga tennis juga di ikuti oleh Adiknya Khalishah Kusdiyanah.
Sejak kelas 2 SD sudah ikut kursus tennis di club Harteg .Bakat khalisa mulai terlihat ketika mengikuti kejuaraan POR SD Sejatim di Lumajang sempat masuk Final  melalui ganda putri ketemu kota Malang  pada laga tersebut harus puas merebut medali perak .

Untuk menambah skill permainan Khalisa kedua orang tuanya mengikut sertakan Khalisa ikut latihan juga di club Andi Gentong kabupaten Sukoharjo selama 3 bulan  tepatnya tahun 2019.

Sepulang dari sukoharjo permainan khalisa memiliki kemajuan yang cukup pesat bahkan saat mengikuti seleksi untuk Porprov Jember bisa masuk menjadi pemain lapis 2 meskipum tidak bisa tampil di Porprov Jatim 2022 .

Perjuangan khalisa sebagai atlit tennis andalan Jember di masa depan ini tetap semangat berlatih seminggu 3 kali diantar kedua orang tuanya ke club  Harteg .

Bahkan ketika Pengcab Pelti Jember membuka seleksi untuk pemain Popda Jatim yang berlaga di sidoarjo bulan Oktober 2022. Khalisapun ikut seleksi  selama 3 hari tepatnya awal oktober 2022 di Gor PKPSO ,Khalisapun terpilih masuk nominasi dengan  2 pemain putri  lainnya untuk mewakili Jember pada event Popda Jatim di sidoarjo 8 Nopember 2022.

"Harapan kontingen Jember untuk merebut medali emas pada Popda Jatim 2022 belum kesampaian ,dari cabor tennis lapangan mendapat 1 medali perak dari kategori ganda putri.

Kini perjalanan kedua sang kakak menggeluti olah raga tennis lapangan  juga di ikuti adik bungsunya yakni Yanuarta Ainun Nadar yang masih duduk di bangku sekolah dasar kelas 4 .

Kusnadi sendiri sendiri dikalangan pemuda dan warga desa kamal dikenal sebagai tokoh pemuda .Disela kesibukannya sebagai Pegawai Dispenda Jatim di samsat Bondowoso ,kusnadi masih meluangkan waktunya untuk membina talenta muda desa kamal untuk bermain sepak bola ,bersama wawan robot mantan pemain persid dan Mojokerto putra di era 2000 an dengan tekun dan telaten membina pemain usia dini di club Bintang Taruna Desa Kamal.(LN,Fir.Af)


© Copyright 2022 - RECORD JATIM