Breaking News

Pemkab Jember Kerjasama UIN KHAS Membantu UMKM Penerbitan Sertifikasi Halal "Gratis."


RECORD JATIM.COM.JEMBER.
Khabar baik untuk UMKM para pelaku usaha yang  bergerak dibidang usaha non daging ,Pemerintah diawal tahun 2023 meluncurkan Program "SEHATI " dengan menerbitkan satu juta sertifikasi Halal .

Program SEHATI tersebut sesuai dengan UU no 33 tahun  2014   tentang sertifikasi halal dan Permenmag no 20 tahun 2021, bahwa pelaku usaha disektor pangan harus  memiliki sertifikasi halal. 
Sedangkan  kepemilikan sertifikasi halal sendiri program Pemerintah  hingga oktober 2024.

Menindak lanjuti Program SEHATI, Pemkab Jember melalui Dinas Koperasi  melakukan kerjasama dengan UIN KHAS Jember untuk memberikan sosialisasi dan pelayanan kepada UMKM di Jember  yang bergerak usaha dibidang Non pangan, untuk memberikan kemudahan mendapatkan sertifikasi Halal secara gratis.

Sartini kepala Dinas Koperasi Jember kepada awak media menjelaskan untuk mendukung suksesnya Program SEHATI , kami bersama  UIN KHAS Jember ada sekitar 80 pendamping dari mahasiswa  yang melaksanakan KKN memberikan sosialisasi buat UMKM . Pelaksanaan kegiatannya bisa  di kelurahan maupun desa untuk memberikan  sosialisasi maupun  melakukan pendaftaran secara on line kepada para pelaku usaha untuk memiliki sertifikat halal. "Untuk diketahui  kepemilikan sertifikat halal sangat penting untuk kemajuan usahanya"Jelasnya.

"Kebetulan di UIN KHAS jember sendiri mendapat  alokasi brakdone dari jawa timur sebanyak 2100 untuk menerbitkan sertifikasi halal di rumah UIN KHAS. Untuk Triwulan pertama target kami  2100 sertikat Halal yang kita berikan untuk UMKM ."beber Sartini ketika ditemui media diruang kerjajanya jumat ( 20/01/2023) siang.

Masih menurut Sartini pada hari kamis ( 19/01/2023) bersama UIN KHAS Jember bertempat di Aula Dinas Koperasi Jember  melakukan sosialisasi ke teman teman UMKM.
Sedangkan target kami ada  160 UMKM untuk mendapatkan sertifikat Halal tiap minggu.

Sartini menambahkan penerbitan sertifikat halal maupun NIB bagi pelaku usaha UMKM  sangat penting untuk itu kami berharap apabila ada UMKM di Jember yang belum memiliki NIB ,tim kami turun untuk memberikan pelayanan baik di tempatkan di kelurahan atau di Balai Desa.

Pantauan Media Record Jatim.com di kantor kelurahan Mangli kecamatan kaliwates Jember ada 10 mahasiswa yang melaksanakan KKN sejak awal Januari 2023 ,kehadiran mereka melakukan pendataan UMKM yang belum memiliki Sertifikat Halal maupun NIB khususnya yang ada di wilayah Mangli.
 Bahkan kegiatan ini mendapat suport yang luar biasa dari Lurah Mangli Endro Lukito untuk menurunkan stafnya  mendampingi saat pendataan UMKM ditempat usaha warga kelurahan Mangli.( LN,AF)

© Copyright 2022 - RECORD JATIM